14 Kabupaten/Kota Jawa Timur Semarakan Pawai Budaya Sidoarjo

Salah satu peserta pawai budaya dari kecamatan. as

Sidoarjo Pos, Sejak pagi ribuan warga sudah berkumpul di Alun-alun Sidoarjo pada Minggu(12/3/2017). Mereka akan mengikuti pawai budaya yang digelar oleh Disbudpar Jatim dan Pemkab Sidoarjo dalam rangka HUT Kabupaten Sidoarjo ke 158.

          Beragam corak warna budaya dan kesenian dari 14 Kab/kota di Jatim telah berjalan mulai dari Alun-alun Sidoarjo sampai  parkir timur GOR Jl Pahlwan, penampilan mereka telah mmbius warga kota Sidoarjo yang antusias menontonnya.

         Selain tampilan dari 14 kabupaten/kota di Jatim, dalam FKPU ke 11 tahun 2017 juga disemarakan tampilan pawai budaya dari 58 OPD di Pemkab Sidoarjo. Dengan mengambiltema budaya kerjaan Jenggoloan. Yang nobe bene cikal bakal Kabupaten Sidoarjo.

         Bupati Sidoarjo Saiful Ilah sangat terkesan dengan partisipasi para peserta pawai budaya dari 14 kab/kota di jatim dan 58 OPD di Sidoarjo yang menyemarakkan kegiatan tersebut. Menurutnya, macam-macam budaya yang indah itu, bila disatukan memang tambah indah. Dan bila disatukan juga bisa jadi alat pemersatu daerah dan bangsa. “Budaya yang indah ini sayang kalau ditinggalkan atau tak dikenal oleh generasi muda kita,” katanya.

          Menurut Kepala Dinas Kebudyaan dan Pariwisata Jatim, Jariyanto, gelar bidaya seperti itu sebagai suatu bentuk apresiasi terhadap warisan kesenian kebudayaan bangsa. “Sehingga bisa jadi filter akan masuknya budaya dari luar negeri yang tidak cocok dengan norma-norma kepribadianbangsa kita,” katanya.

         Bahkan menurutnya, bila kegiatan pameran kesenian dan budaya seperti ini dikelolah dengan baik dan profesional, maka bisa menjadi suatu produk pariwisata yang bisa menggerakkan usaha ekonomi di daerah masing-masing.

        Komentar yang sama juga disampailan oleh Wagub Jatim Saifulah Yusuf, festival kebudayaan ini selain indah juga memajukan Jawa Timur. “Inilah kekayaan kita, warisan budaya leluhur yang tidak dipunyai oleh negara lain,” komentarnya. as

Komentar