167 Wisudawan Al Muslim Jawa Timur Dilakukan Secara Virtual

Sidoarjo pos-Wisuda Tilawati ke-25 merupakan salah satu program kegiatan Yayasan Al Muslim Jawa timur sebagai bentuk capaian yang telah dilewati oleh siswa-siswi dalam membaca, menerjemahkan ,dan menghafal Al Qur’an.

Wisuda kali ini dilaksanakan secara vertual melalui aplikasih zoom, mengingat kondisi masih pandemi covid 19. Wisuda Tilawati ke 25 ini diikuti oleh 167 wisudawan-wisudawati baik dari jenjang pendidikan SD, SMP dan SMA.

Humas Yayasan Al Muslim Jawa Timur Azam Afian Dinata S.Sos mengatakan, Wisuda Tilawati ini dilaksanakan dua kali dalam setahun, atau setiap semester tahun ajaran. terhadat tiga jenjang kelulusan dalam wisuda tilawati yaitu jenjang Al Qur’an dimana siswa telah dinyatakan lulus membaca Al Qur’an secara baik dan benar.

Kedua jenjang terjemah Lafdhiyah dimana siswa  telah dinyatakan lulus apabila mampu  menerjemahkan ayat satu persatu  sesuai kata dan kalimat, Ketiga jenjang Tahfidz, jenjang ini dinyatakan lulus ketika siswa mampu menghafalkan Al Qur’an dalam beberapa juz. “Ketiga jenjang tersebut dicapai setelah siswa mengikuti seleksi dan munaqosyah (ujian) yang dilakukan oleh Tilawati Al Muslim dan koordinator cabang tilawati Kab. Sidoarjo,” katanya.

Adapun rincian seluruhan jumlah Wisudawan-Wisudawati Tilawati ke 25 Al Muslim Jawa Timur meliputi Wisudawan Al Qur’an yaitu SD ada 27, SMP ada 9. SMA ada  16, Wisudawan Terjamah Lafhdiyah yaitu SD ada 23, SMP ada 12, Wisudah Tahfidz,  SD ada 22, SMP ada 33, SMA ada 25. “Jadi total 167 Wisudawan,” katanya (14/11/2020).

Wakil Gubernur Jawa Timur yang hadir Dr H. Emil Elestianto Dardak mengatakan, progam ini sangat penting untuk pengembangan karakter masarakat Jawa Timur. tentunya kita berharap bahwa Jawa Timur akan mewujudkan masarakat yang maju dan berakhlak, berkarakter sehingga kita kita dapat berjalan dijalur yang diberkahi oleh Allah SWT.

Juga dihadiri H. Umar Zaini selaku Direktur Pimpinan Tilawati Pusat sekaligus pendiri metode Tilawati. nas

Komentar