171 Siswa Eligible SMAN 3 Sidoarjo Diterima 102 PTN Melalui Jalur SNMPTN 2021

Beberapa siswa SMA Negeri 3 Sidoarjo yang diterima Perguruan Tinggi Negeri jalur SNM PTN 2021. (foto dokumen. ist)

Sidoarjopos-Strategis SMAN 3 Sidoarjo dalam membekali siswanya kelas XII untuk masuk perguruan tinggi, serta bagaimana caranya memilih perguruan tinggi yang sesuai dengan kompetensinya  dinilai cukup sukses. Karena dari 171 siswa Eligible yang diterima 102 PTN (Perguruan Tinggi Negeri) melalui jalur SNM PTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2021 ini.

Kepala SMAN 3 Sidoarjo Dr Ristiwi Peni MPd menuturkan kalau keberhasilan ini tentunya dari semangatnya para siswa itu sendiri dalam belajar. Kalau kita para guru hanya memberikan motivasi-motivasi atau pelatihan-pelatihan serta dorongan yang kuat untuk terus semangat, walaupun dimasa pandemi sekarang ini, ya tetap harus bersemangat.

Jadi, dengan pemberian motivasi berprestasi siswa, salah satunya adalah untuk mengawal proses pembelajaran siswa dengan nilai akademik dan strategi cerdas memilih PTN atau Prodi yang sesuai dengan kompetensinya. “Kami sering mendatangkan motivator, ortu, siswa untuk mensinergikannya. Sehingga tahun ini dari 171 siswa eligible diterima 102 melalui jalur SNMPTN 2021,” tutur Ristiwi Peni, pada Rabu (24/3/2021).

Kepala SMA Negeri 3 Sidoarjo Ristiwi Peni. asgi
Kepala SMA Negeri 3 Sidoarjo Ristiwi Peni. asgi

Ia katakan, kalau tahun lalu diterima sebanyak 62 siswa, waktu itu  mendapat peringkat ke-2 se Jatim. Tahun ini 102 siswa, prosentasinya meningkat hampir dua kali lipat. “Prestasi ini sangat membanggakan bagi SMAN 3 Sidoarjo, saya berharap semoga di tahun berikutnya terus dan terus meningkat lagi,” harapnya.

Salsabila siswi kelas IPA 9 ini mengaku sangat bangga sekali bisa diterima di Fakulktas Kedoteran Umum Universitas Brawijaya Malang, karena sesuai dengan cita-citanya, sesuai dengan harapannya. “Sangat membanggakan sekali, sangat senang dan terharu. Walaupun kondisi pandemi, tetap semangat bejalar. Jadi tidak sia-sia belajar dengan serius selama ini,” ungkapnya.

Ia juga mengaku, yang sangat membanggakan adalah masuk kedoteran ini karena diinspirasi orang tuanya yang lagi sakit. “Saya pilih kedokteran, karena ayah saya lagi sakit, sudah setahun yang lalu. Maka, nantinya saya bisa merawat orangtua sendiri dengan baik. Selain itu, kedokteran juga bisa bermanfaat bagi orang lain,” harapnya tadi pagi.

“Pilihan kedokteran ini juga harapan dari orang tua. Dengan diterimanya saya sekarang ini semoga orang tua saya bisa lekas sembuh. Semoga bisa menjadi obat bagi orang tua,” doa Salsabila. asgi

 

Komentar