20 Wisatawan Asing Antri ke Kampoeng Sinaoe

Buduran, Bukan hanya pengrajin tas, koper dan jaket dari kulit saja yang kena dampak kedatangan wisatawan asing. Lembaga Pendidik Kampoeng sinaoe yang terletak di Siwalanpanji Buduran juga terkena dampaknya. Sekitar 20 wisatawan asing yang akan antri untuk memberikan ilmunya di Kampoeng sinaoe tersebut.

            Sebenarnya kalau dilepas ada sekitar 20 relawan asing yang ingin membagikan ilmunya di sini. “Namun kami masih ada kendala, yaitu keterbatasan tempat, sarana dan prasarana yang belum mendukung. Makanya, kami mempersilahkan mereka satu per satu bergantian,” ujar Zamroni pendiri lembaga pendidikan Kampoeng sinaoe saat ditemui, Jumat(3/6/16).

            Menurutnya, mereka yang sudah antri adalah warga negara asing dari Algeria (Aljazair), Polandia, Austria, Portugal, Inggris, US dan Australia. Jadi kemarin yang sudah duluan hadir adalah wisatawan dari Denmark bernama Sonny Karim Mohrath.  Ia ingin membangikan ilmunya untuk warga Indonesia, khususnya yang ada di Kampoeng Sidoarjo ini.

            Mereka ada yang mengundurkan diri, karena tidak dengan persyaratan yang kami tawarkan. Misal, tidak boleh merokok, minum-minurman keras, berpakaian sopan. “Kalau mereka berpasangan, kami tidak mengizinkan tidur satu kamar. Kecuali suami istri,” pungkas Pak Zam sapaan akrabnya. as

Komentar