300 Mahasiswa Dari 17 PTN/PTS Gelar Campus Expo 2018 di SMAMDA Sidoarjo

Mahasiswi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI Zulfa Oktaviani saat memberikan motivasi kepada para siswa. as

Sidoarjo Pos-Sekitar 300 mahasiswa yang terdiri dari 17 Perguruan Tinggi Negeri/Swasta (PTN/PTS)  dari berbagai daerah telah memberikan motivasi, dorongan semangat kepada para siswa-siswi kelas XII SMA Muhammadiyah 2 (SMAMDA) Sidoarjo. Agar para siswa-siswi tersebut mudah mendapatkan gambaran pilihan menentukan jenjang belajar lebih lanjut.

        Kegiatan dorongan motivasi dan semangat tersebut telah dikemas dalam Campus Expo 2018 dengan mengambil tema ‘Don’t Stop Until You Proud’  yang diselenggarakan di Auditorium SMAMDA Sidoarjo (9/1/2018). Mereka yang telah hadir diantaranya para mahasiswa dari Universitas Indonesia, UGM, ITS, Unair, UM Malang, UINSA, Univ Trunojoyo, PSTT Bandung, UNS, UPN, UMM, Umsida dan Unesa.

            Dihadapan 502 siswa kelas XII, Zulfa Oktaviani mahasiswi UI ini menjelaskan bahwa teman-teman yang akan meneruskan sekolah kejenjang perguruan tinggi harus betul-betul tepat dalam memilih jurusan. Jangan hanya sekedar memilih. Diantaranya harus memahami saingan-saingan jurusan yang akan kita pilih. Kita juga harus mengetahui faktor alumni mahasiswa tersebut dulu dari sekolah mana. “Hal itu ternyata juga sangat penting untuk diketahui,” kata mahasiswa Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya.

            Salain belajar yang rajin dan rutin, serta banyak membanca referensi-referensi yang lainnya. Kami tadi juga banyak memberikan trik-trik bagaimana agar bisa diterima di perguruan tinggi. “Jadi banyak faktorlah yang kita lakukan. Pokoknya pilihlah yang tepat dengan kemampuan kita, jangan ikut-ikutan pada great yang terlalu tinggi, agar tidak membuat kita kecewa nantinya,” jelas Zulfa Okotaviani usai memberikan paparan.

          Sementara itu Guru BK Swasti Endang yang didampingi Staf Humas SMAMDA Sidoarjo Ira, mengatakan kalau kegiatan ini untuk menambah wawasan, juga memberikan referensi sebanyak-banyaknya bagi siswa kelas XII. Agar mereka bisa menentukan pilihannya dalam studi yang lebih lanjut nanti. “Dalam kegiatan tadi, para siswa juga diberikan kesempatan untuk bertanya sebanyak-banyaknya kepada para mahasiswa tentang berbagai hal. Baik trik-trik mau masuk ke perguran tinggi maupun bagaimana keadaan setelah mereka diterima di bangku kuliah,” jelasnya.

            Jadi kegiatan Campus Expo ini telah dilakukan setiap tahun, dan ternyata hasilnya sangat efektif, karena mereka langsung mendengar cerita dari kakak-kakaknya yang masuk kuliah terlebih darhulu. Terbukti tiap tahunnya para siswa yang diterima di perguruan tinggi selalu meningkat. “Untuk tahun pelajaran 2016/2017 kemarin mereka yang diterima perguruan tinggi sekitar 50 % dari total siswa kelas XII sebanyak 490 anak,” katanya. as

Komentar