62 Calon Jamaah Haji Asal Sidoarjo Dipastikan Gagal Berangkat ke Tanah Suci

Kemenag dan Wabup saat menghadiri manasik haji. as

Sidoarjo Pos – Setelah diestimasi oleh pemerintah Sidoarjo, Calon Jamaah Haji (Calhaj) ada sekitar 80 orang tidak bisa berangkat ke tanah suci alias gaga. Akhirnya ada ketentuan dari Kementerian Agama untuk menambah di bangku cadangan sebanyak 18 orang, sehingga sisanya 62 Calhaj tidak gagal berangkat.

            Kepala Kemenag Sidoarjo, H. Ahmad Rofi’i mengatakan, estimasi yang dilakukan pemerintah mungkin pada tahun lalu banyak Calhaj yang belum melunasi, karena mungkin berpisah dengan istrinya, kemudian dia menunda keberangkatannya. Kondisi seperti itu bisa diisi dibuat bangku cadangan. “Pada tahun ini, mereka berniat berangkat dan 18 itu harus siap diberangkatkan dari Kabupaten Jatim,” kata Rofi’i, usai melakukan bimbingan manasik haji Gor Delta Sidoarjo, Rabu (27/07/2016).

            Sementara itu, menurut Sekretaris Forum Komunikasi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (FKKBIH)  Sidoarjo Moh. Kirom, jamaah yang sudah melunasi tapi ditunda keberangkatannya, sebetulnya Kemenag Sidoarjo sudah menyampaikan hal itu terkait dengan proses regulasi jamah haji.

            Kemarin ada salah satu jamaah saya yang sudah melunasi, dan tidak berangkat, KBIH juga ikut bertanggung jawab untuk menjelaskan hal itu. Kalau tidak dijelaskan semakin hari- semakin meruncing. “Karena waktu itu, dia sudah siap melaksanakan tasyakuran dan sebagainya. Setelah kami jelaskan, maka saya berusaha untuk dibatalkan,” katanya.

             Untuk saat ini, Calhaj Sidoarjo yang sudah melunasi pembayaran sekitar 1.822 orang. “Pembayaran tersebut diantaranya pembayaran tahap pertama sekitar 1.665 orang, tahap kedua sebanyak 182 orang Calhaj dan di tambah tim pemandu haji daerah sekitar 19 orang,” jelas Moh. Kirom. as

Komentar