Anggota Komisi VI DPR RI Bambang Haryo Respon Keluhan Petani Sidoarjo

Bambang Haryo di tengah-tengah para petani. as

Sidoarjo Pos-Para petani Sidoarjo yang tergabung dalam 7 Gapoktan, mengeluh karena lahan sawahnya sulit untuk meningkatkan produktivitas panen paginya. “Musim hujan selalu banjir, namun sebaliknya kalau musim kemarau kesulitan air,” keluh salah satu Ketua Gapoktan Sumber Waras Kebonsari, Kecamatan Candi kepada Anggota Komisi VI DPR RI saat berkujung ke desanya.

Mendapat keluhan warga tersebut, Anggota Komisi VI DPR RI Ir. Bambang Haryo langsung tanggap, dan merespon dengan cepat kalau pihaknya sudah memberikan solusi, yakni dengan memberikan bantuan Handtractor dan mesin pompa air.

Bantuan khusus petani ini diberikan langsung oleh anggota Komisi VI DPR RI, Bambang Haryo Soekartono dengan cara datang langsung ke masing-masing desa dan melihat praktek penggunaan kedua mesin bantuan itu. “Sudah ada 7 desa yang menerima bantuan handtracktor dan mesin pompa air di Sidoarjo. Seperti petani Desa Kebonsari (Candi) dan Desa Semambung (Jabon) yang kami kunjungi sekarang,” terang Bambang Haryo usai menemui 7 perwakilan Gapoktan Sidoarjo, Jumat (2/3/2018).

Menurutnya, ini permintaan kedua bantuan Handtractor dan mesin pompa ari, semoga  itu bisa dimanfaatkan petani untuk meningkatkan produksi panen padi dan tanaman lainnya, guna mendukung program swasembada pangan. Dengan memanfaatkan mesin pompa air untuk pengairan saat musim kemarau. “Agar air terus bisa mengalir ke lahan pertanian. Kasihan petani Kebonsari ini. Kalau hujan sering banjir tapi kalau musim kemarau lahan pertanian tak bisa ditanami karena kekurangan air. Saya harap dengan bantuan mesin pompa bisa panen 2 kali dengan baik,” jelas politisi Gerindar dari Dapil 1 (Sidoarjo-Surabaya).

Khusus untuk keluhan gorong-gorong dari Desa Gelam menuju Desa Kebonsari yang tertutup jalur utama Propinsi Sidoarjo – Malang, kami sudah melakukan berkoordinasi dengan Dinas PU Propinsi Jatim. Harapannya perbaikan gorong-gorong yang tertutup jalur propinsi itu bisa segera direalisasikan Tahun 2018 ini. “Saya mendesak Dinas PU Propinsi musim kemarau ini bisa diperbaiki agar saat kemarau petani bisa menanam padi,” tegasnya.

Kades Kebonsari, Imam Saruji mengaku senang petani di desanya diberi bantuan handtracktor dan mesin pompa air. Hal itu agar petani bisa panen 2 kali setahun. Sekarang tinggal perbaikan gorong-gorong dari Desa Gelam yang melintas di jalur propinsi itu kami harapkan perbaikannya segera direalisasikan. “Karena kami sudah berkali-kali berkoordinasi dan dimasukkan dalam Musrenbang tidak berhasil. Kata Pemkab Sidoarjo terganjal kewenangan di propinsi. Mudah-mudahan kedatangan dan bantuan Pak Bambang bisa diperbaiki tahun ini agar air bisa mengalir menuju Kebonsari,” harap Imam Saruji. as

Komentar