Antisipasi Skimming, Bank Jatim Sidoarjo Beri Pembinaan Kepada Para Nasabahnya

Kepala Bank Jatim Sidoarjo Hariyani saat memberikan pengarahan kepada para nasabahnya. as

Sidoarjo Pos-Agar tidak terjadi skimming/kecurangan yang merugikan para nasabah. Bank Jatim Cabang Sidoarjo telah melakukan pembinaan kepada para nasabahnya, yang akan melakukan transaksi melalui ATM (Automatic Teller Machine).

            Sebelum melakukan transaksi, mereka para nasabah dianjurkan meraba terlebih dahulu di sekitar area tombol penulisan PIN (Personal Identification Number). “Jika dalam meraba dirasakan ada sesuatu yang tidak lazim. Ada suatu benda yang tidak semestinya, maka harus segera melaporkan kepada petugas terlebih dahulu. Jangan memaksakan diri melakukan transaksi,” tegas Kepala Bank Jatim Cabang Sidoarjo Hariyani saat memberikan pengarahan kepada nasabahnya di ATM Jl. Achmad Yani Sidoarjo,(29/3/2018).

             Selain itu, Bu Yani_sapaan akrabnya juga mengingatkan kepada para nasabahnya agar sering-sering mengganti PIN secara berkala. Apalagi PIN jangan sampai dipinjamkan, bahkan sampai ada yang diwakilkan/surahan.  “Kami pernah dikomplain salah satu nasabah yang mengaku telah terjadi transaksi, dan uangnya berkurang. Setelah ditelusuri ternyata PIN nya pernah diberikan kepada anaknya. Saya berharap yang model-model seperti ini jangan sampai terjadi,” harap Hariyani.

            Pihak kami pun juga sering melakukan pengamanan secara berkala, selain ada petugas, juga ada beberapa kamera CCTV (Closed Circuit Television) terpasang di semua ATM. Termasuk juga, jika di sekitar ATM ada tulisan-tulisan atau nomer telepon yang sekiranya bukan dari kami, ya dihiraukan saja. “Namun yang lebih utama itu adalah nasabah itu sendiri, mereka harus berhati-hati membuka PIN,” pungkasnya.

            Sementara petugas ATM Bank Jatim Sidoarjo Rachmawan menegaskan kalau semua ATM Bank Jatim di Sidoarjo telah diberi aplikasi-aplikasi anti skimming. Menurutnya, ATM yang sudah terkena skimming itu biasanya masuknya lambat sekali, begitu juga keluarnya juga sangat lambat. “Pelaku skimming itu transaksinya tidak di ATM setempat, tetapi dilakukan di luar kota yang jauh dari ATM yang terpasang alat skimming tersebut. “Kalau untuk Bank Jatim, sudah terjamin aman dari skimming,” ujar Rachmawan saat mendampingi pimpinannya Hariyani. as

Komentar