Antrian Panjang Masih Terlihat Di Kepengurusan E-KTP Kecamatan Kota Sidoarjo

Masyarakat siap menanti giliran untuk mengurus E KTP. as

Sidoarjo Pos-Suasana antrian panjang untuk kepungurusan E-KTP masih terus terjadi di Kecamatan Kota Sidoarjo, Selasa(21/9/2016). Ternyata warga juga masih banyak yang belum tahu jika kepengurusan E-KTP diperpanjang hingga pertengahan tahun 2017. 

Salah satu warga Desa Bulu Sidokare, Kecamatan Kota Sidoarjo, Novi mengungkapkan pihaknya baru saja mengurus E-KTP di kantor Kecamatan di Jalan Pahlawan Sidoarjo mulai antri sejak pukul 08.00 wib tadi hingga kini masih menunggu daftar panggilan.  “Lumayan sampai sekarang belum pukul 11.00 wib juga dipanggil,” keluhnya.

Meski pemberitahuan untuk mengurus E-KTP sudah lama, namun Ia mengaku belum bisa mengurus lantaran sehari-harinya sibuk berjualan. “Ini saja ngurusnya lama, mending berjualan daripada nunggu lama,” katanya.  

Dikonfirmasi terpisah, Kasi Pelayanan Kependudukan Kecamatan Kota Sidoarjo, Yani Widodo mengungkapkan bahwa hingga saat ini masyarakat sangat antusias untuk melakukan perekaman E-KTP. “Kami terus melakukan pelayanan dengan baik, bahkan hari Sabtu dan Minggu juga kita fokuskan untuk yang reguler,” ujar Yani Widodo. 

Pada hari libur Sabtu dan Minggu dirinya bersama Staff lainnya harus masuk kerja, mengingat membludaknya warga yang hendak mengurus E-KTP. “Sesuai edaran yang terakhir, ada pembatasan waktu kepengurusan hingga akhir September. Sedangkan informasinya, kalau melebihi batas waktu tersebut, maka datanya akan hilang. Kita belum tahu informasi itu benar atau tidak, karena kami belum mendapatkan edaran resmi,” ungkapnya. 

Ia juga mengakui kalau yang menjadi kendala selama ini adalah Stock Blangkonya semakin berkurang. Saat ini hanya ada 100 keping blangko yang disediakan setiap bulannya. Sedangkan yang dikeluarkan juah dari 100 blangko. “Sementara ini kita hanya memberi surat keterangan saja, setelah blangko itu ada, maka langsung kami edarkan ke masyarakat,” jelasnya. 

Saat disinggung soal perpanjangan tenggat waktu perekaman E-KTP yang dikeluarkan oleh Mendagri hingga pertengahan tahun 2017, menurutnya masih belum disosialisasikan kepada masyarakat. “Kalau masalah perpanjangan waktu itu, kita masih minggu edaran resmi dari Mendagri. Baru kita sosialisasikan ke masyarakat,” tegasnya. as

Komentar