Awal Masuk Sekolah Siswa KB-TK Al Muslim Berani Melakukan Finger Painting

Anak-anak TK-KB Al Muslim sedang melakukan finger painting. as

Sidoarjo Pos-Hari-hari pertama masuk sekolah memberikan pengalaman baru bagi para siswa, khususnya siswa KB dan TK yang menjadi titik awal, apakah si anak bakal suka bersekolah atau tidak. Oleh Karena itu, suasana masa pengenalan lingkungan sekolah diupayakan menyenangkan siswa, membuat kerasan siswa hingga ada yang berani melakukan Finger Painting.

Semua siswa berkumpul di hall, langsung mendengarkan pejelasan Kepala Sekolah, Siti Aminah tentang betapa pentingnya kerjasama antara pihak sekolah dan orang tua untuk kemajuan pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Anak-anak adalah investasi atau harta berharga bagi orang tua dan merupakan amanah untuk dijaga dan dipelihara dengan sebaik-baiknya. “Pendidikan anak usia dini merupakan masa emas yang tidak akan berulang, karena merupakan masa paling penting dalam pembentukan dasar-dasar kepribadian, kemampuan berfikir, kecerdasan, keterampilan, dan kemampuan bersosialisasi,” jelas Siti Aminah, tadi pagi (17/7/2019).

Sebagai tanda dukungan terhadap program sekolah, para Ayah…Bunda…dan anak melakukan finger painting warna-warni pada bentangan kain putih sepanjang 10 meter. Terpancar wajah-wajah ceria para siswa pada MPLS pagi ini, seluruh siswa senang dengan kegiatan finger painting ini karena kegiatan ini memberikan banyak manfaat diantaranya melatih motorik halus, mengenal warna, eksperimen percampuran warna (sains), melatih rasa percaya diri, meningkatkan koordinasi mata dan tangan, meningkatakan daya imajinasi, dan kreatifitas anak.

Tak hanya itu, para orang tua juga antusias sekali membacakan buku yang disediakan di pojok baca, sebagai awal dukungan program literasi dan Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku, yang sebentar lagi pelaksanaan puncaknya pada tanggal 27 Juli 2019. Pojok baca sengaja ditempatkan strategis di hall dengan harapan Ayah…Bunda setiap saat ketika berada di sekolah bisa membacakan buku anaknya, sehingga terbentuk habit suka membaca sejak dini. Bunda Cheryl TK A1 sangat antusias membacakan buku anaknya, Ayah dan Bunda Rashif TK A2 saling kerjasama, ayah memegang buku dan bunda membaca buku sambil memangku Rashif.

Adapun Visi KB-TK Al Muslim adalah  mengembangkan potensi siswa sebagai generasi pemimpin yang rahmatan lil alamin. Maka dari itu, pentingnya dalam kegiatan MPLS disisipkan program unggulan yaitu nilai-nilai leadership dalam setiap kegiatannya. “Tidak hanya di pembukaan, selama pelaksanaan MPLS siswa dan siswi KB-TK Al Muslim juga dilatih nilai-nilai leadership mulai dari menata dan meletakkan barang-barang pribadi pada tempatnya, memimpin barisan, doa dan shalat, dan berbagai kegiatan leadership lainnya,” jelas mantan Humas Al Muslim ini.

Jadi, penanaman nilai-nilai kepemimpinan harus ditanamkan sejak dini. “Al Muslim sebagai sekolah sang pemimpin telah berkomitmen untuk membentuk karakter siswa-siswi sebagai pemimpin. Minimal mampu memimpin dirinya sendiri dengan baik,” pungkasnya. as

Komentar