Bangkitkan ‘Mager’ di Rumah, YPIT Insan Kamil Ajak Seluruh Siswanya Senam Bugar Bersama

Syamsul Umar sedang memimpin Senam Bugar Bersama YPIT Insan Kamil Sidoarjo. asgi

Sidoarjopos-Proses pembelajaran secara online sekarang ini jangan sampai membuat para siswa menjadi Mager (Malas Bergerak) di rumah. Agar tidak terjadi kondisi tersebut YPIT (Yayasan Pendidikan Islam Terpadu) Insan Kamil Sekardangan Sidoarjo mengajak seluruh siswanya, mulai tingkat SD dan SMP untuk melakukan senam bugar bersama-sama.

Kegiatan senam bugar bersama yang dipusatkan di halaman YPIT Insan Kamil Sekardangan Sidoarjo, dipimping langsung oleh Guru Olahraga SMP IT Insan Kamil, Syamsul Umar, ST yang diikuti bersama oleh para guru yang tidak WFH, Jumat (26/3/2021) tadi pagi.

Para ustad/guru juga sangat semangat mengikuti senam bersama. asgi
Para ustad/guru juga sangat semangat mengikuti senam bersama. asgi

Sementara yang bagi guru yang WFH (Work From Home) harus senam di rumah masing-masig, termasuk seluruh siswa SD dan SMP bahkan orangtuanya juga ikut senam di rumah masing-masing dengan mengikuti panduan dari halaman YP IT Insan Kamil yang dilakukan secara online.

Usai memimpin senam, Syamsul Umar menjelaskan kalau kegiatan ini dilakukan agar para siswa tidak Mager di rumah. Karena  kurang gerak juga akan menimbulkan pada fisik/badan yang kurang baik. Berbeda dengan dahulu sebelum pandemi, sebelum berangkat ke sekolah para siswa harus melakukan persiapan terlebih dahulu, terus bergerak menuju sekolah. Termasuk sholat bersama dan berdoa itu sekarang berkurang, mungkin bahkan hilang.  “Kalau kondisi sekarang mereka lebih banyak diam di rumah, sehingga kurang bagus efeknya ketubuh kita,” jelasnya.

Salah satu siswa juga mengikut senam di rumah dengan melihat pemandunya lewat HP. asgi
Salah satu siswa juga mengikut senam di rumah dengan melihat pemandunya lewat HP. asgi

Sehingga kondisi sekarang yang sangat dikawatirkan Mager akan menjadi budaya baru, malas bergerak atau kehilangan siklus hidup, yang akhirnya akan menurunkan semangat untuk belajar, kehilangan fokus dan konsentarasi, serta akan mengalami penurunan karakter. “Makanya tujuan senam ini adalah membangkitkan semangat bersama, supaya para siswa juga bergerak di rumah masing-masing, yang akan memunculkan kemistri yang baik pula,” tergas Syamsul Umar. asgi

Komentar