Bangun Wawasan Global, SMPIT Inka Kerja Sama Virtual Dengan Sekolah di Malaysia

Sidoarjopos-Sebanyak 128 siswa kelas 8 SMP IT Insan Kamil Sidoarjo mengikuti kegiatan bertemu secara virtual dengan 2 sekolah yang ada di Malaysia,  Rabu (31/3/2021) pukul 07.30 sampai 14.30 wib. Sebuah rangkaian kegiatan Eksplorasi Global dan Sister School (EKSIS), bertemakan ‘Menyiapkan Generasi Yang Memiliki Integritas Tinggi dan Berwawasan Global.’

Sekolah Malaysia yang menjadi mitra adalah SMI Al-Hidayah, Perak dan SMI Al-Hira’, Jeram Selangor. Sebelum pandemi SMPIT Insan Kamil selalu mengunjungi sekolah tersebut, sekarang kondisinya pandemi virus Covid 19, harus dilakukan secara virtual. Namun tidak kalah serunya acara yang disiapkan oleh pengatur acara dari Malaysia.

Prosesinya, semua siswa masuk di dalam pertemuan virtual bersama sekolah-sekolah Malaysia tersebut. Master Of Ceremony (MC) mulai menyapa guru-guru dan semua siswa SMPIT Insan Kamil yang baru masuk. Ketika semuanya masuk baru acara dimulai oleh MC. Terlihat 220 lebih peserta yang hadir di google meet tersebut. “Ini membuktikan bahwa antusias acara ini sangat besar, baik dari SMPIT Insan Kamil sendiri maupun dari Sekolah-sekolah Malaysia,” ungkap Kepala SMP IT Inka Sekardangan Sidoarjo.

Ia katakan, setelah sambutan masing-masing sekolah, kemudian operator memutarkan video persembahan dan perkenalan dari masing-masing sekolah. SMPIT Insan Kamil sendiri menampilkan Tari Saman dan Koreografi Pramuka Insan Kamil. SMI Al-Hira’ menampilkan Silat khas Malaysia. Sedangkan Al-Hidayah menampilkan video taujih siswa. “Selain itu, operator juga menampilkan profil sekolah masing-masing, agar saling mengenal lokasi dan bentuk sekolahannya,” katanya.

Selain itu juga dilakukan saling berkenalan secara live antar siswa secar acak, yang dipandu Ustad Abu Shahid dari Malaysia. Ditutup dengan perwakilan kepala-kepala sekolah yang memberikan sambutannya. Dimulai dari Sekolah Al Hira’ yang diwakili oleh  Ustadzah Siti Naziah Yahya, Insan Kamil oleh Ustadzah Ani Qotul Uhba dan Al-Hidayah diwakili oleh Ustad Abdul Rahim, Yayasan Al-Hira’ oleh Ustad Ishamuddin Ismail, Yayasan Insan Kamil oleh Ustad Helmy Mussa. Termasuk juga dari JSIT Pusat Hubungan Internasional diwakili oleh Ustad M. Rulli, dan Musleh oleh Ustad Amin Megat. “Pertemuan pun diakhiri dengan foto bersama di google meet,” ungkap Ustadzah Ani_sapaan akrabnya.

Ia juga menambahkan kalau para Wakil Ketua Yayasan maupun Kepala Sekolah semuanya menghendaki pertemuan ini langkah awal menjalin sebuah pertalian silaturahmi, yang akan terus dikembangkan dan dilaksanakan setiap tahunya. Tentunya dengan acara-acara yang berbeda.

Pertemuan ini juga banyak manfaatnya, baik dari siswa sendiri merasa senang bisa bertemu dan berdialog langsung secara virtual dengan teman dan guru yang ada di Malaysia, serta memiliki wawasan global terkait pendidikan di negara lain. Sedangkan, untuk para guru dan yayasan kegiatan ini salah satu bentuk kerjasama untuk meningkatkan kemajuan sistem pendidikan baik di Indonesia maupun Malaysia. “Semoga kegiatan ini akan terus berlangsung baik secara virtual, maupun tatap muka,” tutup Ustadzah Ani. asgi

Komentar