Bea Cukai Juanda Musnahkan Barang Ilegal

Barang-baran ilegal yang akan dimusnahkan. usi

Sidoarjopos-Bea Cukai Juanda memusnahkan ribuan yang tergolong Barang Milik Negara (BMN) antara lain rokok tanpa cukai, barang elektronik dan barang ilegal lainnya. Kegiatan pemusnahan tersebut digelar di halaman Bea Cukai Juanda, Selasa (27/10).

Kepala KPPBC Juanda, Budi Harjanto menuturkan dalam kesempatan tersebut, dilakukan pemusnahan seperti rokok tanpa cukai yang harus dibakar, proyektil dilebur, softgun dipotong maupun handphone yang harus dipecah maupun dipukul dengan martil,” ucapnya.

Adapun barang yang dimusnahkan, antara lain 543 pcs sex toys, 127.216 batang rokok, 110 Pkgs tembakau, 28 pcs handphone, 225 pkgs makanan dan minuman, 487 pcs Air Softgun, Crossbow, beserta Proyektil, 125 pcs pakaian, kain dan kulit, 135 pcs part kendaraan, 146 pcs kosmetik, obat, tanaman, 19 pkgs buku, katalog, label, kardus, 9 pkgs bahan logam, batu, aksesoris, dan 4 pkgs bahan kimia. “Semua barang tersebut berasal dari luar negeri yang didapat dari kargo, penumpang, jasa titipan maupun kantor pos,” ungkapnya.

“Tidak ada nilai barangnya, lantaran barang tersebut ada yang tidak bertuan, sedangkan jika ada nilai ekonomisnya harus pengajuan terlebih dahulu ke Kementrian Keuangan dalam hal ini ke DJKN untuk proses selanjutnya, seperti lelang,” imbuhnya.

“Intinya, seorang penumpang yang membawa barang ilegal harus mempunyai ijin terlebih dahulu, jadi pembawanya tidak di pidana, hanya barangnya saja yang disita, beda dengan narkotika,” tegas Budi Harjanto. usi

Komentar