Begini Cara Pengganti Pembelajaran di SMK Krian 2 Sidoarjo

Sidoarjopos _ Dunia pendidikan di Indonesia hingga seluruh dunia mengalami penurunan akibat dampak pandemi covid-19. Sementara itu, pemerintah pusat melalui Menteri Pendidikan RI, Nadiem Makarrim selalu berupaya memberikan metode lain sebagai pengganti pembelajaran tatap muka. Dipilihnya pembelajaran secara daring menjadi solusi tersendiri untuk mengatasi masalah pendidikan. Begitu pula sekolah dituntut untuk inovatif agar proses pembelajaran tetap terlaksana.

Maka dari itu, SMK Krian 2 Sidoarjo dalam masa PSBB hingga PKKM peserta didiknya melakukan aktivitas pembelajaran menggunakan online atau daring. Berbagai media pembelajaran di sediakan melalui Zoom Meeting, Webex, Edmodo, Google Classroom dan masih banyak lainnya.

“Ini tak lain untuk memudahkan peserta didik tetap belajar dengan efektif,” ucap Indra Wahyu Suliswanto, M.Pd kepala SMK Krian 2 Sidoarjo.

Dia mengatakan setiap harinya para guru menerangkan pembelajaran secara live di Chanel Youtube SMK Krian 2. Siswa tidak hanya menerima penjelasan dari pemateri tetapi pihak sekolah juga menyediakan nomor telpon yang bisa dihubungi atau melalui whatsap dengan mengirimkan pertanyaan. Nantinya akan dibahas secara live dalam program unggulan sekolah yakni sinau bareng.

Dalam program sinau bareng, lanjutnya berbagai materi yang ditayangkan secara live otomatis akan terarsip di chanel youtube sekolah. Sehingga peserta didik tetap bisa mengakses meskipun acara telah selesai. Harapan dari kegiatan ini, materi dapat tersampaikan dengan maksimal meskipun pembelajaran dilaksanakan secara daring. Terciptanya komunikasi interaktif antara peserta didik dengan pemateri menjadi keunggulan sendiri dari program sinau bareng.
Program ini akan terus dilaksanakan sampai adanya instruksi dari pemerintah pusat,” ungkap Indra Wahyu Suliswanto. usi

Komentar