BPJS Kesehatan Gantikan Kartu Askes ke Kartu JKN-KIS Bagi Para Anggota LVRI Sidoarjo

Bupati Saiful Ilah menyerahkan secara simbolis kartu JKN-KIS. as

Sidoarjo Pos-Untuk memberikan kemudahan pelayanan terhadap para Veteran yang ada di wilayah Kabupaten Sidoarjo. BPJS Kesehatan Kabupaten Sidoarjo menyerahkan kartu JKS-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat) yang sebelumnya menggunakan Askes.

           Proses penyerahannya diberikan langsung oleh Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah, SH M Hum kepada salah satu anggota veteran, bersamaan dengan HUT ke 60 DPC LVRI (Dewan Pimpinan Cabang Legiun Veteran Republik Indonesia) Kabupaten Sidoarjo, pada(5/1/2017) di Gedung Juang Kabupaten Sidoarjo.

           Ketua Plt DPC LVRI Sidoarjo D A Susilo menegaskan kalau anggotanya yang sekitar 1.398 itu sudah ada yang memiliki kartu JKN-KIS. Ini belum termasuk kelurganya, tetapi belum semuanya memiliki kartu tersebut. Kami sudah melakukan koordinasi dengan BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo agar penggantian kartu JKN-KIS ini terus dilakukan secara bertahap sampai selesai semuanya.

           Sebelumnya, anggota veteran semuanya anggota Askes yang dikelolah PT Askes, karena nantinya pada tahun 2018 Askes sudah tidak berlaku lagi. Makanya, kami sudah koordinasi dengan pihak BPJS Kesehatan untuk melakukan penggantian kartu JKN-KIS secara kolektif. Karena kalau diurus secara perorangan sudah tidak mungkin, anggota kami sudah banyak yang Lansia sehingga tidak mungkin lagi untuk mengurus sendiri. “Anggota sudah banyak yang terlalu Lansia, sehingga tidak mungkin untuk antri,” ujar Susilo.

           Sementara ini, jumlah anggota veteran yang sekitar 1.398 orang itu terdiri dari 14 Ranting. Sedangkan yang sudah masuk memiliki kartu JKN-KIS yang sekitar 4 Ranting, yakni Ranting Tebel, Candi, Buduran dan Sidoarjo, hanya sekitar 100 orang. “Kedepan kami berharap pelayanannya akan lebih baik lagi, karena sudah ditangani oleh negara,” harap D A Susilo.

           Terpisah, Kepala Unit Manajemen Kepesertaan dan Unit Pengendali Kepesertaan BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo, Hendri Salam menjelaskan kalau pihaknya sudah siap memproses kartu JKN-KIS untuk anggota veteran. “Kami siap memproses kartu tersebut secara bertahap, karena anggota veteran dan keluargannya ada sekitar 3.000 orang. Jadi perlu proses secara bertahap,” jelas Hendri Salam. as

Komentar