BPJS Kesehatan Tetap Layani Pada Libur Idul Fitri 1440 H Secara Prima

Sidoarjo Pos-Walaupun libur lebaran Idul Fitri 1440 H di tahun 2019 ini cukup panjang, mulai tanggal 29 Mei hingga 13 Juni 2019. BPJS Kesehatan tetap memberikan layanan secara prima.

BPJS Kesehatan tetap memberikan layanan seperti biasanya, bahkan untuk informasi pengaduan dan konsultasi juga buka 24 jam. Selain itu juga akan buka posko mudik di Terminal Purabaya Sidoarjo seperti biasanya.

Kepala BPJS Kesehatan Sidoarjo Sri Mugirahayu menjelaskan bahwa pihaknya telah tetap buka seperti biasanya walaupun hari libur lebaran nanti. Dalam liburan itu kami masih bisa melayani konsultasi kesehatan, juga masih bisa memperoleh layanan administrasi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) baik untuk mutasi dan aktivitas. “Termasuk juga pendaftaran peserta hingga penghitungan denda pelayanan,” jelas Sri Mugirahayu.

Menurutnya, bagi peserta JKN-KIS yang sedang mudik lebaran, lalu membutuhkan pelayanan di luar kota, dapat mengunjungi FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) walaupun tidak terdaftar di FKTP tersebut, tentunya yang sudah kerjasama dengan BPJS Kesehatan. “Untuk daftar FKTP bisa melihat aplikasi mudik BPJS Kesehatan, atau menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500 400,” terang Sri Mugirahayu,(27/5/2019) sore tadi.
Ia tegaskan, pada kondisi gawat darurat seluruh Faskes, baik tingkat pertama maupun lanjutan wajib memberikan layanan penanganan pertama. Selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku. “Adapun tindakan medi yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis. Maka akan dijamin dan dilayani. Faskes juga tidak diperkenankan menarik iuran, biaya dari peserta,” pungkas Bu Chicik_sapaan akrabnya. as

Komentar