BPJS Kesehatan Tingkatkan Pelayanan Dengan Melakukan Kesepakatan di Tingkat FKTP

Kepala BPJS Cabang Sidoarjo Dwi Hesti Yuniarti memberikan penjelasan kepada petugas FKTP. as

Sidoarjo Pos-Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di wilayah Kabupaten Sidoarjo. Pihak BPJS Kesehatan Kabupaten Sidoarjo melakukan penetapan/kesepakatan dengan pihak layanan kesehatan di tingkat FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama). Yakni Dinas Kesehatan, Puskesmas, Organisasi Profesi serta Asklin (Asosiasi Klinis).

            Usai memberikan paparannya Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo Dwi Hesti Yuniarti mengatakan, kalau kegiatan ini merupakan kesepakan penanganan terhadap 155 jenis penyakit yang difasilitasi oleh BPJS Kesehatan, harus bisa didiagnoese/dituntaskan di tingkat FKTP (Fasilitas Kesehtaan Tingkat Pertama).

            Jadi dalam penanganan di FKTP itu harus tuntas tanpa harus dirujuk, sesuai dengan Keputusan Meteri Kesehatan (KMK) Nomer 514 tahun 2015 tentang Panduan Praktek Klinis Bagi Dokter di FKTP. “Kalaupun dirujuk harus sesuai dengan ketentuan,” katanya.

            Menurutnya, dalam KMK 514/2015 ditekankan para dokter yang bertugas di FKTP seharusnya/wajib bisa menguasai kompetensi KMK tersebut, bisa mendiagnosa 155 jenis penyakit yang difasilitasi BPJS Kesehatan. “Kompetensi secara umum, ketika seorang dokter lulus harus bisa mendiaknosa, minimal 155 jenis penyakit yang sudah ditentukan,” ujarnya.

            Lanjutnya, agar pelaksanaanya bisa tuntas di FKTP, bisa sembuh atau dilayani tuntas tanpa dirujuk, itu nanti bisa dilihat dari sarana dan prasarana yang ada di FKTP itu sendiri. ” Inilah yang akan kita sepakati dengan Dinas Kesehatan dan petugas FKTP, organisasi profesi  serta Asklin,” jelas Dwi Hesti. as

Komentar