BPN Sidoarjo Targetkan 2.300 Sertifikat Terealisasi 2016

Bupati Saiful Ilah didampingi Kepala BPN Nandang Agus Taruna menyerahkan sertifikat kepada warga. as

Krembung, Penyelesaian sertifikat yang dikeluarkan oleh BPN Kabupaten Sidoarjo tahun ini sekitar 2.300 sertifikat. Target penyelesaiannya tahun 2016 ini lebih cepat dibanding tahun yang lalu, hingga Juni 2016 ini sudah terealiasai sekitar 96%.

            Hal tersebut dijelaskan Kepala Kantor BPN Kabupaten Sidoarjo Ir. Nandang Agus Taruna usai mendampingi Bupati Sidoarjo Saiful Ilah saat menyerahkan sertifikat melalui program Prona di Desa Balonggarut Kecamatan Krembung, Rabu (22/06/2016).

            Menurutnya, tahun 2015 lalu penyelesaian sertifikat terwujud di bulan September. Tahun ini, kami yakin target penyelesaian sertifikat akan selesai dalam waktu dekat ini. “Sampai bulan Juni ini sudah 96% atau 2.100 sertifikat yang sudah dibagikan. Nanti akhir Juni menyusul yang 200 sertifikat, “ujarnya.

            Ia juga mengatakan ada sekitar 500 ribu bidang tanah di Kabupaten Sidoarjo, sudah 60% nya bersertifikat. 40% sisanya masih menunggu proses pensertifikatan tiap tahunnya.  Baik pengajuan sertifikat perorangan yang datang langsung ke kantor BPN Sidoarjo maupun lewat Program Prona. “Untuk menyelesaikan 40% sisanya tersebut, akan terwujud 20 tahun kemudian,” jelas Nandang Agus Taruna.

             Untuk itu perlu dilakukan trobosan-trobosan oleh pemerintah daerah maupun pemerintah pusat. Tahun depan kami akan mengajukan program Proda (Proyek Operasional Daerah Agraria) ke Kabupaten Sidoarjo. Program Proda tersebut akan dibiayai oleh APBD Kabupaten Sidoarjo. Dengan demikian Program Prona dan Proda dapat berjalan bersama-sama untuk menuntaskan penyelesaian sertifikat tanah lebih cepat. “Misal, kalau Pronanya tahun depan 3.500 dan Prodanya juga 3.500 dalam setahun bisa menyelesaiakan 7 ribu sertifikat, ” pungkanya.

            Sementara itu Bupati Sidoarjo Saiful Ilah menyambut baik atas terselenggaranya Program Prona BPN R.I  di Kabupaten Sidoarjo. Karena sertifikat  mampu mencegah permasalahan pertanahan seperti sengketa tanah. “Dengan dikeluarkannya sertifikat tersebut akan meningkatkan status kepemilikan tanah dimata hukum yang lebih kuat,” tutur Saiful Ilah. as

Komentar