Bupati Sidoarjo Akan Melantik 76 Kades Terpilih di Pendopo Kabupaten

Kades Pamotan Porong Wiwin Andayani saat menerima seragam PDUB dari Kasubag Pemerintahan Desa. as

Sidoarjo Pos –  Setelah sukses menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) sebanyak 76 desa pada 29 Mei 2016 lalu. Pemkab Sidoarjo berencana akan melakukan pelantikan secara serentak pula, pada tanggal 26 Juli 2016 mendatang di Pendopo Kabupaten Sidoarjo, proses pelantikannya juga dilakukan oleh Bupati Sidoarjo Saiful Ilah.

            Kasubag Tata Pemerintahan Desa dan Kelurahan Sekretariat Pemkab Sidoarjo Muhammad Makhumud, membenarkan kalau rencana pelantikan Kades-kades yang terpilih akan dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2016 mendatang. Semua persiapan juga sudah selesai, termasuk baju pelantikannya juga sudah kami serahkan kepada masing-masing kades.

            Mereka juga sudah mengambil pakaian PDUB (Pakaian Dinas Upacara Besar) secara lengkap, mulai dari sepatu calana, kemeja, topi hingga aksesoris lengkap beberapa hari yang lalu. “Untuk pakaian PDUB tiap Kades dianggarkan sekitar Rp 2 jutaan yang diambilkan dari anggaran APBD 2016 ini,” katanya saat ditemui (21/07/2016).

            Sedangkan para pendukung Kades, yang mengantar waktu pelantikan diperbolehkan sebanyak 14 orang per desa. Kami sudah mengantisipasi terhadap para pendukung Cakades yang tidak terpilih bila datang ke Pendopo Kabupaten, mereka tidak akan bisa masuk. Karena masuknya nanti sesuai dengan undangannya. “Makanya proses pengamanannya, kami sudah melakukan koordinasi dengan Sat Pol PP,” katanya.

            Usai pelantikan, para Kades terpilih akan melakukan serah terima di kecamatan masing-masing, tiga hari setelah pelantikan. “Hal ini dilakukan, sekalian pengukuhan Ketua Tim Penggerak PKK Desa, untuk hemat biaya,” ungkap Makhmud.

            Terpisah Kades Pamotan Kecamatan Porong Sidoarjo Wiwin Andayani mengakatan lebih siap untuk mengikuti pelantikan yang kedua. Menurutnya, terpilih lagi untuk yang kedua kalinya, berarti warganya masih mempercainya untuk memimpin Desa Pamotan Kec Porong.

            Sementara untuk menghadapi banyaknya permasalahan yang ada di masyarakat. Menuurut Kades yang terpilih kedua kalinya ini mempunyai resep yang jitu, sehingga bisa dipercaya kembali olah masyarakatnya. “Untuk menghadapi permasalahan masyarakat itu lebih baik segala sesuatunya harus disikapi secara negatif. Kalau memandangnya dari yang baik-baik, nantinya hasilnya juga akan baik,” katanya. as

Komentar