Bupati Sidoarjo Meminta Kepada Masyarakat Agar Lebih Bijak Menggunakan Medsos

Bupati Saiful Ilah saat menghadiri Kopdargab VII ILS. as

Sidoarjo Pos-Bupati Sidoarjo meminta kepada masyarakat, khususnya masyarakat Sidoarjo agar lebih berhati-hati dalam menggunakan Media sosisal (Medsos). Jangan sampai disalahgunakan, karena sudah diatur dalam UU No. 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

         Permintaan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah disampaikan saat menghadiri Kopdargab (Kopi Darat Gabungan) VII Info Lantas Sidoarjo (ILS), Minggu (29/4/2018) di Balai Desa Semambung Kec. Wonoayu, Sidoarjo.

         Ia tegaskan kalau di era internet saat ini, perkembangan Medsos sangat pesat. Kondisi tersebut memicu timbulnya media-media baru yang dihasilkan dari proses digitalisasi. Semua hal yang sifatnya manual menjadi otomatis, dan hal yang rumit menjadi lebih mudah.

     Jadi Medsos sekarang ini sudah menjadi kebutuhan di hampir seluruh elemen masyarakat. Baik lembaga, kelompok maupun personal, semua memanfaatkan Medsos. Alasannya karena lebih memudahkan dalam melakukan komunikasi dan menyebarkan informasi. “Salah satunya media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat adalah facebook,” ucapnya.

         Bupati Saiful Ilah juga memberikan apresiasi terhadap kelompok ILS seperti ini. Sebagai salah satu komunitas pengguna aktif facebook, ILS turut berpartisipasi aktif dalam mewujudkan Kabupaten Sidoarjo yang kondusif. “Semua informasi yang ada di ILS merupakan informasi yang actual, karena anggota dari kelompok ini tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Sidoarjo,”ujarnya.

        Sementara itu Kapolresta Sidoarjo Kombespol Himawan Bayu Aji, juga meminta masyarakat untuk memanfaatkan Medsos dengan baik. Jangan sampai Medsos disalahgunakan untuk berbuat kejahatan. Perkembangan Teknologi Informasi saat ini tidak bisa dihindari. Berita Hoax atau palsu akan selalu ada. “Untuk itu, masyarakat harus cerdas dalam memahaminya. Masyarakat jangan menyebarkan berita yang tidak benar sumbernya. Sajikan berita yang bisa dipertanggung jawabkan,” tegas Himawan Bayu Aji.

             Ketua ILS Efendi mengatakan kegiatan seperti ini untuk mempererat tali silaturahmi antar netizen se Jawa Timur. Kegiatan ini juga diisi dengan sosialisasi sesuai tema Kopdargab kali ini. “Yakni Indahnya Tertib Berlalu Lintas dan Memerangi Berita Hoax,” katanya. as

 

 

Komentar