Bupati Sidoarjo Pimpin Upacara Peringatan HSN 2016 dan Hari Resolusi Jihad NU

Bupati Saiful Ilah saat memimpin upacara HSN 2016. as

Sidoarjo Pos-Peringatan HSN (Hari Santri Nasional) 2016 sangat erat sekali kaitannya dengan perjuangan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam meraih kemerdekaan. Hal ini menandakan bahwa dengan adanya Hari Santri Nasional memberikan sinyal, bahwasannya kekuatan Islam telah turut  menghadirkan kemerdekaan Republik Indonesia.

       Hal tersebut ditegaskan oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH, M.Hum saat menjadi Inspektur Upacara HSN 2016 di Alun-alun Sidoarjo, Sabtu(22/10/216) pagi. Dalam amanat Ketua PB NU, yang dibacakan langsung oleh Bupati Sidoarjo Saiful Ilah menyatakan bahwa, pada momen peringatan HNS 2016 ini, juga diperingati sebagai Hari Resolusi Jihad NU.

          Selain itu, juga untuk mengenang kembali sejarah panjang perjuangan KH. M. Hasyim Asy`ari, Ulama Besar NU yang pertama kali meletakkan Dasar Negara Republik Indonesia hingga sekarang. Walupun demikian KH. M. Hasyim Asy`ari masih tetap merasa sebagai santri dengan jiwa tawaduknya.

          Ia merasa bangga, bahwasannya rangkaian kegiatan HSN 2016 di Kabupaten Sidoarjo ini sangat meriah sekali, hampir seluruh ulama dan para santri, terutama yang berada di pondok-pondok pesantren Kabupaten Sidoarjo ini turut berpartisipasi aktif. “Utamanya untuk acara nanti malam, yakni acara Malam Munajat 1000 Santri,” ujar Saiful Ilah.

       Di Kabupaten Sidoarjo sendiri dalam peringatan Hari Santri Nasional ini, disambut meriah oleh para warga Nadliyin Sidoarjo. Ada banyak rangkaian kegiatan yang dilaksanakan. Pameran hasil karya santri, penampilan panggung kreasi para santri, pentas seni, wayang wolak-walik, ketoprak santri Kartolo CS, upacara peringatan HNS yang dilaksanakan di Alun-alun Kabupaten Sidoarjo dan hari Minggunya ada jalan sehat santri. as

Komentar