‘Dekan Cup Academic Competition’ Jadi Ajang Kreasi dan Inovasi Mahasiswa FT Umsida

Dekan FT Umsida sedang memantau presentasi program aplikasi FT Informatikan. as

Sidoarjo Pos-Untuk mendukung visi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (FT Umsida). Masing-masing Prodi (Program Studi) telah menunjukkan kebolehannya, yakni menunjukan kreasi dan inovasinya yang dikemas dalam ‘Dekan Cup Academic Competition’ 2016.

            Kegiatan yang digelar pada (24/12/2016) di Gedung Kampus 2 FT Umsida tersebut, semua prodi telah melakukan kompetesi dari hasil karya mahasiswanya. Seperti yang dilakukan mahasiswa FT Informatika, yaitu menggelar kompetisi kreasi dan inovasi sebuah aplikasi program yang bisa dimanfaat oleh pemerintah dan masyarakat.

          Diantaranya ide membuat aplikasi menampung keluhan masyarakat tentang pengelolaan anggaran desa. Ada juga aplikasi tentang pelaporan dari masyarakat mengenai sarana dan prasaran yang rusak. Dengan percepatan pelaporan, akan lebih cepat pula direspon oleh yang berwenang.

            Sementara FT Teknik Elektro berkompetisi membuat robot yang nantinya juga bisa bermanfaat untuk masyarakat. Untuk FT Mesin telah membangun sarana dan prasarana teknologi yang tepat guna bagi masyarakat. Sedangan di FT Industri juga telah membangun suatu produk yang egonomis yang bisa membuat teknologi itu nyaman digunakan oleh penggunanya.

         Usai keliling meninjau kompetisi, Dekan FT Umsida Isa Anhori, FT. MT menuturkan kalau kegiatan ini dilakukan dalam rangka mendukung Visi Misi FT Umsida yang bermutu ditingkat nasional 2020. “Makanya kita berlomba membangun keunggulan dari masing-masing prodi,” tutunya.

         Realisasi kegiatan ini perlu dilatih terus menerus, mulai awal masuk ketika kuliah, proses pembelajaran perkulihaan hingga praktikum, yang dipraktekan dalam bentuk kegiatan kemahasiswaan. “Ini semua harus dibangun dari awal, butuh sinergi kompetisi dan yang akhirnya nanti untuk mencapai prestasi yang membanggakan kita semua, khususnya di FT Umsida, umumnya Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dan masyarakat seluruhnya,” jelas Isa Anshori.

          Dekan Cup ke 4 ini diharapkan semakin lama kegiatan ini semakin membesar, nantinya bisa diikuti oleh beberapa mahasiswa FT juga mahasiswa di luar FT, termasuk dari perguruan yang lain. Bahkan juga anak-anak SD, SMP majupun SMA bisa mengikuti kegiatan seperti ini.

            Harapan terakhir dari Dekan Cup ini, keluarannya bisa diaplikasikan kepada masyarakat. “Jadi bukan hanya menjadi produk yang mati, yang disimpan saja di dalam kampus, tetapi bisa dimanfaatkan langsung oleh masyarakat. Masyarakat bisa merasa adanya manfaat yang telah diberikan oleh para mahasiswa FT,” harapnya.

       Ribangun Bamban Jakaria, ST, MM selaku Staf Kemahasiswaan FT Umsida menambahkan kalau kegiatan ini kita design supaya ada nilai manfaat. Manfaatnya adalah bagaimana membangun sinergitas, membangun kerjasama. “Yang jelas kita mempunyai visi misi yang bertujuan bagaimana univseritas ini bisa bertafar internasional,” tambahnya. as

Komentar