Deputi Pelayanan Publik Kementerian PANRB RI Apresiasi SKCK Online Polres Sidoarjo

Deputi Menpan dan Kapolres Sidoarjo saat melihat proses pembuatan SKCK Online. as

Sidoarjo Pos-Dalam memberikan apresiasi kepada Polres Sidoarjo yang telah berhasil melaunching SKCK Online. Deputi Pelayanan Publik Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) RI Prof Dr Diah Natalisa MBA, Kamis (6/10/2016) mengunjungi Kantor Polres Sidoarjo.

            Dalam kunjungannya, Diah Natalisa mengapreasiasi langkah yang dilakukan Polres Sidoarjo dalam melayani masyarakat. Yakni melalui pelayanan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) Online. Diah juga meminta Polres Sidoarjo bisa mengembangkan inovasi SKCK Online, dan meminta seluruh Polda dan Polres memiliki data base yang sama seperti milik Polres Sidoarjo.

            Harapan saya, semua Polres dan Polda memiliki integrasi yang baik antara data inafis dengan data yang ada di Kepolisian, dan juga data yang berkaitan dengan perbankan. “Dengan demikian perbaikan-perbaikan data base bisa ditingkatkan,” harap Diah yang didampingi Sekretaris Deputi Pelayanan Publik Dwiyoga Prabowo.

       Kunjungan Deputi Pelayanan Publik Menpan RB ini ke Polres Sidoarjo ini untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelayanan publik. Rombongan dan disambut oleh  Kapolres Sidoarjo AKBP Muh Anwar Nasir dan Wakapolres Sidoarjo Kompol Indra Mardiana.

       Menurut Diah Natalia kalau pelayanan yang diberikan Polres Sidoarjo ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, karena telah memberikan kemudahan dalam membuat surat-surat penting seperti SKCK yang dapat dilakukan secara online. “Pelayanan ini sangat bermanfaat karena telah memberi kemudahan. Pemohon tidak lagi menunggu berlama-lama di tempat pembuatan SKCK. Selain mempersingkat waktu, pelayanannya sudah baik,” katanya.

          Sementara itu, Kapolres Sidoarjo AKBP Muh Anwar Nasir mengaku bersyukur, karena inovasi yang diciptakan diakui serta diapresiasi pemerintah. Ia berjanji akan terus meningkatkan pelayanan untuk masyarakat. “Kami berjanji akan terus meningkatkan mutu pelayanan untuk masyarakat. Karena ini merupakan salah satu program prioritas Polres Sidoarjo, yaitu memberikan pelayanan yang bermanfaat bagi masyarakat,” kata Anwar.

         Sejak dilaunching tanggal 1 September 2016 lalu, sudah melayani pemohon SKCK online sebanyak 1.107 pelayanan di Polres, 37 layanan melalui SKCK Keliling, 2.559 layanan di Polsek-polsek dan 43 layanan di Polsek yang tdk sesuai KTP asal (dilayani oleh Polsek lain karena tidak perlu kembali kealamat asal saat urus SKCK). as

Komentar