Desa Gelam Kecamatan Candi Gelar Lomba Gapura Cinta NKRI

Tim juri lomba gapura saat menilai gapura RT 2/RW 1 Desa Gelam. nas

Sidoarjopos-Kemeriahan mewarnai lomba hias Gapura Desa Gelam Kecamatan Candi, Sidoarjo, pada Sabtu (12/9/2020). Sejumlah RT di desa setempat nampak antusias menghias gapura masing-masing dengan berbagai motif dan warna. Mereka menjadikan lomba tersebut sebagai ajang tahunan.

Kepala Desa Gelam Mochamad Muslich mengatakan, kegiatan itu sengaja digelar dalam rangka menjaga keutuhan semangat berbangsa dan bernegara. Sehingga melalui kegiatan itu warga diharapkan dapat terus memupuk cinta tanah air dan bangsanya. “Ini tidak lain demi menjaga keutuhan NKRI di masing-masing RT, sebab mereka adalah akar rumput yang harus terus menjaga semangat itu,” katanya.

Menurut Muslich, warga desa tidak boleh melupakan akar sejarah bangsa Indonesia. Sehingga warga harus dapat saling bersama dan saling merangkul antara satu dengan yang lainnya. Sebab dengan begitu akan dapat menunjukkan bahwa Indonesia tetap tegak.

Semua gapura yang diikutkan lomba harus menunjukkan cinta NKRI. Filosofinya kata Muslich bahwa di tengah pandemi warga tetap harus terus berjuang. Hal itu dilakukan tidak lain agar tujuan para pahlawan dapat tercapai dan dilanjutkan oleh para penerus bangsa Indonesia.

Pihaknya berharap warganya bisa benar-benar mencintai dan merawat bangsa dan negara Indonesia. “Serta harus menjaga negerinya, bersatu padu mencintai untuk mempertahankan NKRI harga mati,” harapnya.

Sementara salah satu juri lomba sekaligus motivator lingkungan Sidoarjo, Indah Yulianti mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi langkah Desa Gelam itu. Sebab walau sudah dikenal di kancah nasional, namun masih terus melakukan upaya pembinaan terhadap lingkungan. “Karena kita tahu kebersihan dan penataan lingkungan Desa Gelam sudah dikenal ditingkat nasional, dan ini sangat luar biasa,”katanya. nas

Komentar