Desa Rangkah Kidul Sidoarjo Siap Canangkan Kampung KB

Kades Rangkah Kidul foto bersama-sama usai sosialisasi. as

Sidoarjo Pos-Program KB yang terus disosialisasikan oleh BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana) Provinsi Jawa Timur, disambut langsung oleh Kades Rangkah Kidul Sidoarjo. Yakni dengan kesanggupannya akan segera Mencanangkan Kampung KB.

Padahal kalau dari segi kriteria, Desa Rangkah Kidul tidak termasuk dalam program Kampung KB. “Salah syarat utama desa yang bisa dilaksanakan Kampung KB adalah desa tertinggal. Sementara desa ini masuk dalam perkotaan, bukan desa tertinggal, karena kondisi desa dan masyarakatnya cukup baik,” tegas Kepala Bidang Pengendalian Penduduk BKKBN Jatim Dra. Sofia Hanif dalam acara Pembinaan KKBPK Bagi Masyarakat oleh PPKDB/Kader Tingkat Desa Bersama Mitra Kerja 2018, di Balai Desa Rangkah Kidul, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, (6/12/2018) tadi pagi.

Menurutnya program bahwa Desa Rangkah Kidul ini kondisinya sudah sangat baik, kalau dihitung anak-anak mereka sudah rata-rata dua. “Kami pun terus melakukan advokasi agar mereka juga lebih paham soal KB, dan yang lebih penting mereka juga harus bisa meningkatkan keluarga sejahtera,” katanya.

Kepala Desa Rangkah Kidul Warlheiyono mengatakan kalau pihaknya juga siap untuk memprogramkan desa menjadi Kampung KB. Ia mengakui apa yang telah dilakukan ini mendapatkan tanggapan yang cukup bagu. “Bukan itu pihak bapak-bapak juga siap untuk mengikuti program KB, makanya kami semua kompak dan siap membentuk Kampung KB,” katanya.

Hadir pula dalam acara tersebut  anggota Komisis IX  DPR RI Lucy Kurniasari yang kerap melakukan sosialisasi pentingnya kepersertaan kesehatan, baik lewat BPJS Kesehatan dan BPJS  ketenagakerjaan.  Disamping itu juga akan mengusulkan kepada BKKBN pusat agar Desa Rangkah Kidul menjadi Kampung KB untuk tahun 2019 nanti. “Sebagai wakil rakyat, tentunya akan terus memperhatikan usul-usulan dari warganya. Kami akan tampung dan nantinya akan kami bawa ketingkat pembahasan di dewan,” katanya. as

Komentar