Dinas Kelautan dan Perikanan Berhasil Membentuk Pokmaswas Tingkat Kabupaten Sidoarjo

Sebelum pemilihan ketua, petugas dari DKP Jawa Timur memberkan arahan. as

Sidoarjo Pos-Setelah memiliki Pokmaswas (Kelompok Masyarakat Pengawas) di beberapa wilayah desa/kelurahan. Serta untuk memudahkan berkoordinasi antar wilayah tersebut, akhirnya Dinas Kelautan dan Perikan (DKP) Sidoarjo telah berhasil membentuk Pokmaswas tingkat Kabupaten Sidoarjo.

            Proses pembentukannya di Ruang Pertemuan DKP Sidoarjo, masing-masing Pokmaswas mencalonkan anggotanya. Diantara Pokmaswas yang mencalonkan jagonya adalah Pokmaswas Juanda Lestari dari Waru dan Sedati, Ketingan Jaya dari Ketingan Sawohan Buduran, Kuncup Mina Harapan dari Semampir Sedati, Tirto Mas dari Bogempinggir Balongbendo, Brantas Lestari dari Penambangan Balongbendo, Akar Delta Ujung dari Kupang Jabon, Delta Samudra Timur juga dari Jabon.

            Alur pemilihan ketuanya dipantau langsung oleh petugas dari Bidang Kelautan DKP Sidoarjo, dan berjalan sangat lancar, akhirnya seluruh anggota sepakat memilih Sudarmaji sebagai Ketua Pokmaswas Kabupaten Sidoarjo dan Sekretarisnya Amin Tohari dari Pokmaswas Delta Samudra Timur.

            Petugas Pengawas Konservasi Laut dari Dinas Perikanan dan Kelautan Prov Jatim Ir. Nur Andriono, MT yang ikut memantau jalannya pemilihan, berharap mereka para Pokmaswas ini bisa menjadi pagar dalam pengawasan di laut. Bahkan jika ada tindakan yang tidak benar, seperti penebangan liar terhadap mangrove, mereka bisa melaporkan kepada petugas yang berwenang. “Pengrusakan mangrove sudah diatur dalam undang-undang, ” ujar Nur Andriono. as

Komentar