Dinkes dan Aisyiyah Sidoarjo Turunkan Kader Pemantau TBC Sejak Dini

Para Kader pemantau TBC saat akan melepas balon keudara. as

Sidoarjo Pos-Sebanyak 60 Kader TB (Tuberkulosis) Kabupaten Sidoarjo dilepas turun jalan kerumah-rumah warga untuk mengemban tugas memberikan penyuluhan. Agar masyarakat lebih cepat mengetahui secara dini tanda-tanda penyakit TBC.

      Prosesi pelepasan ditandai dengan simbol melambungkan puluhan balon ke secara bersama-sama, oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo dr. Stephanus Idong Djuanda bersama Ketua Pengurus Daerah Aisyiyah Sidoarjo, Sy Zubaidah, Minggu(12/3/2017) di halaman komplek Kantor Cabang Muhammadiyah, Jalan Mojopahit, Sidoarjo.

        Usia melepas balon, Idong mengatakan kalau puluhan Kader itu bakal bergerak door to door ‘mengetuk pintu’ mengemban tugas memberikan penyuluhan, pemeriksaan ringan, mendeteksi terjangkitnya penyakit TB atau yang sering dikenal TBC terhadap warga Sidoarjo. “Ketika dalam pemeriksaan ringan itu, warga yang mengeluh atau merasa ada ciri-ciri terjangkit penyakit TB, maka pihak Kader merujuk ke Puskesmas terdekat,” katanya.

        Ia berharap, para Kader yang melaksanakan tugas itu bisa merampungkan tugas tepat hari TB se-Dunia yang jatuh setiap tanggal 24 Maret mendatang.  “Kami berharap agar selesai sebelum tanggal itu,” harapnya.

        Sementara itu, Zubaidah juga menambahkan, puluhan Kader yang turun di seluruh Kecamatan di Sidoarjo bukan dari Kader Aisyiyah saja.  Mereka itu dari berbagai element, disitu ada dari Dinkes, Muslimat, Fatayat dan Aisyiyah. “Hanya saja, PD Aisyiyah Sidoarjo merupakan mitra dengan Dinkes sejak setahun silam.Yang penting kami semua ini berkontribusi dan bermanfaat bagi semua,” ujar Bu Ida sapaan akrabnya.as

Komentar