Dosen Umsida Ciptakan Aplikasi Evaluasi Belajar Berbasis Web Era Pandemi

Suasa pelatihan pembelajaran aplikasi evaluasi berbasis web. agi

Sidoarjopos-Masa Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini sangat dibutuhkan proses pembelajaran dan evaluasi secara Daring (Dalam Jejaring) atau online. Melihat kondisi tersebut, Tim Pengabdian Masyarakat (Abdimas) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) telah menciptakan aplikasi evaluasi belajar berbasis web.

Aplikasi tersebut telah ciptakan oleh Ketua Abdimas Ir Arief Wisaksono MM dan anggotanya Syafira Ramadani Nurbaya dan Masruchin, dan sudah berhasil diterapkan sebagai pendampingan di SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo dan SMP Muhammadiyah 4 Porong Sidoarjo, mulai Maret hingga Agustus 2020.

Ketua Abdimas Umsida Arief Wisaksono mengatkaan, dengan aplikasi ini diharapkan guru bisa dengan cepat melakukan evaluasi belajar pada setiap tema di materi ajar, sekaligus melakukan efisiesi waktu. “Jadi dalam setiap  proses mengajar  guru dituntut selalu melakukan evaluasi di setiap tema. Gunanya untuk mengatasi  masalah dan memberikan solusi. Aplikasi ini  diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan mitra,” harapnya.

Menurunya, evaluasi belajar adalah kegiatan penilaian proses belajar mengeja dengan tujuan diketahui keberhasilan dalam proses pengajara. Jadi, evaluasi ini merupakan suatu proses yang sistematis, yang berusaha untuk mengetahui sejauh mana tingkat pencapaian siswa atas tujuan pengajaran yang telah ditetapkan. “Evaluasi yang dilaksanakan secara berkesinambungan, akan membuka peluang bagi evaluator untuk membuat perkiran (estimations). Apakah tujuan yang telah dirumuskan akan dapat dicapai sesuai waktu yang telah ditentukan atau tidak, “ terang dosen teknik elektro saat ditemui, (19/8/2020) kemarin.

Lanjutnya, apabila berdasarkan data hasil evaluasi itu diperkirakan bahwa, tujuannya tidak akan dapat dicapai sesuai dengan rencana, maka evaluator akan berusaha untuk mencari dan menemukan faktor penyebabnya, serta mencari jalan pemecahannya. “Masa pandemi  sekarang ini, aplikasi seperti ini sangat dibutuhkan untuk proses pembelajaran dan evaluasi secara Daring. Dengan aplikasi ini diharapkan guru bisa dengan cepat melakukan evaluasi belajar pada setiap tema di materi ajar sekaligus melakukan efisiesi waktu,” katanya.

Baik di SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo dan SMP Muhammadiyah 4 Porong, dalam setiap  proses mengajar  guru dituntut selalu melakukan evaluasi di setiap tema, untuk mengatasi  masalah dan memberikan solusi.

Adapun metode utama yang digunakan adalah menggunakan alat bantu berupa aplikasi evaluasi belajar berbasis  web, yakni aplikasi yang bisa melakukan evaluasi terkait dengan suatu proses ujian tertentu. “Pada Aplikasi ini terbagi menjadi beberapa kelompok, yaitu  Operator dan Administrator, yang masing masing mempunyai tugas berbeda. Dalam penerapannya, sekolah memberikan dukungan yang sangat besar, hal ini ditunjukkan oleh keterlibatan semua komponen sekolah mulai dari kepala sekolah, guru, administrasi dan staff IT saat pelatihan,” pungka Arief Wisaksono. agi

 

Komentar