DPK Sidoarjo Bina Nelayan Perairan Darat Agar Lestarikan Ekosistem

Narasumber dari DPK Jawa Timur Slamet Budiono saat memberikan paparannya. as

Sidoaro Pos-Pengelolaan sumberdaya yang baik harus berdasar pada keadilan dan pemerataan dalam pemanfaatannya, serta terciptanya kelestarian sumberdaya lingkunganya. Agar kondisi tersebut bisa terwujud, Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Sidoarjo telah melakukan pembinaan terhadap para nelayan Perairan Umum Darat (PUD).

            Ketiatan yang dilakukan di Balai Desa Mlirip Rowo, Kecamatan Tarik (8/9/2016) tersebut diikuti sebanyak 50 nelayan PUD yang tergabung dalam KUB (Kelompok Usaha Berama) ‘Rolak Jaya’ dan ‘Barusemi’. Mereka terdiri dari Desa Mlirip Rowo dan Desa Singogalih Kec Tarik Sidoarjo.

            Kepala Bidang Kelautan Ir. Tarina Hadaningrum menjelaskan kalau kegiatan ini dilakukan agar nelayan PUD tidak mempergunakan alat penangkap ikan yang merusak lingkungan, seperti menggunakan strum dan potas. Maraknya penangkapan ikan dengan alat setrum menggunakan daya listrik yang bersumber dari ACCU (Aki), akan membuat ikan endemik seperti, tawes, mujair, mas, keting, dan udang mulai punah dan sulit didapat.

            Penggunaan alat setrum selain berbahaya bagi penggunanya, juga dapat mematikan ikan dan telurnya serta anak ikan yang tidak kuat terkena aliran setrum di dalam air. Alasan mudahnya serta banyaknya ikan yang didapat menggunakan alat tangkap setrum, membuat masyarakat meninggalkan cara menangkap ikan secara tradisional seperti menjaring atau memancing.

            Sementara kalau menggunakan potas (potasium) yang dilarutkan dalam air, jika dilakukan secara berlebihan juga akan merusak habitat dan sangat mengganggu pertumbuhan biota-biota yang lainnya. “Jadi, nantinya kelestarian ekosistem sungai dapat terjaga dengan baik, terutama ikan-ikannya dapat hidup dan berkembang biak dengan baik pula,” jelas Tarina Hadaningrum.

            Dalam sosialisasi tersebut pihak DPK Sidoarjo menghadirka narasumber yang berkompeten, yakni dari DPK Provinsi Jawa Timur Ir. Slamet Budiono, yang dihadiri pula oleh jajaran DPK Sidoarjo. as

Komentar