Empat Tersangka Kurir Sabu Asal Aceh Terancam 20 Tahun Penjara

Keempat tersangka ketika masih diruang penyidikan Kejari. as

Sidoarjo Pos-Kejaksaan Negeri (Kejari) Sidoarjo menerima pelimpahan empat tersangka pengedar sabu-sabu (SS) asal Aceh dengan seberat dua kilogram dari Kejaksaan Agung. Tersangka ditangkap petugas Bea dan Cukai Juanda serta BNN di Bandara Internasional Juanda pada 3 Mei 2016lalu.

Keempat tersangka tersebut yakni, Lizamaiza Safira (19) warga Aceh, Nur Fazillah Al Fazilah (27) warga Aceh, Qoriah (27) warga Grobokan Jawa Tengah dan Ayunda (33) warga Medan Sumatera Utara.

Saat ini berkas tersangka masih proses kelengkapan yang nantinya akan segera diserahkan ke Pengadilan Negeri Sidoarjo. Dari keempat tersangka itu, seorang di antaranya hamil 4 bulan dan seorang lainnya dinyatakan positif HIV/AIDS.

Kasi Pidum Kejari Sidoarjo I Wayan Sumertayasa mengatakan, setiap tersangka membawa sekitar 500 gram SS. Dari perjalanan menggunakan pesawat Lion air dari Aceh, petugas menangkap tersangka di bandara Internasional Juanda. Tersangka menyimpan SS di sanggul atas dan selangkangan yang disimpan secara rapi. “Petugas akhirnya berhasil membongkar penyamaran tersangka,” katanya pada (29/08/2016).

Menurutnya, SS itu dari Aceh, dan rencananya akan dikirim ke Madura. Akibat perbuatannya, tersangka dijerat pasal 112 dan pasal 114 UU RI nomor 35 tentang narkotika dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara. “Tersangka sebagai kurir yang diiming-imingi uang senilai Rp 7 juta,” terangnya.

Sementara itu, tersangka Ayunda mengaku sudah dua kali menjadi kurir SS ke Madura. Pengiriman pertama lolos dan mendapatkan imbalan Rp 7,5 juta. “Untuk mengantar SS ini saya baru dikasih Rp 1,5 juta dari seorang wanita,” akunya.as

Komentar