FLP Kampanye Ajak Masyarakat Gemar Membaca Al-Qur’an

Suasana ajakan baca Al-Qur'an di Alun-alun Sidoarjo.as

Sidoarjo, Minimnya mawasyarakat yang gemar membaca Al-Qur’an, membuat puluhan anggota kepenulisan yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena (FLP) Kabupaten Sidoarjo, bergerak menggelar aksi kampanye, serukan masyarakat agar gemar membaca Al-Qur’an, di alun-alun Sidoarjo, Minggu (12/6/2016).

Mereka bermaksud mengajak masyarakat Sidoarjo, dan masyarakat Indonesia untuk gemar membaca Al-Qur’an diserukan dengan membagikan stiker bertuliskan ‘Ayo Membaca Al-Qur’an’ sebagai salah satu sarana untuk mengingatkan kaum Muslim tentang pentingnya membaca Al- Qur’an di bulan Ramadhan.

Menurut Ketua FLP Sidoarjo Ika Safitri mengatakan bahwa, bulan Ramadhan adalah bulan Al-Qur’an. Pasalnya, di dalam bulan Ramadhanlah awal mula ayat Al-Qur’an diturunkan, tepatnya tanggal 17 Ramadhan yang biasa dikenal dengan istilah Nuzulul Qur’an. “Ajakan untuk membaca Al-Qur’an ini sekaligus mengingatkan kita bahwa saat ini Al-Qur’an sudah jarang dibaca dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, mungkin kita lebih sering berinteraksi dengan gadget dibandingkan dengan Al- Qur’an,” kata Ika Safitri.

Menurutnya, membaca Al-Qur’an itu penting. Karena hal ini sesuai dengan salah satu hadist yakni bacaan Al-Qur’an akan menjadi syafaat (penolong) di hari kiamat bagi orang-orang yang membacanya.

Selain mengajak masyarakat untuk gemar membaca Al-Qur’an, anggota FLP Sidoarjo juga berbagi takjil gratis pada masyarakat yang berada di sekitar alun-alun Sidoarjo. Tak hanya itu saja, bagi warga yang mampu menghafal surat pendek Al-Qur’an akan mendapatkan buku secara gratis.

Bagi takjil adalah untuk berbagi dengan masyarakat sekitar. Dalam hadist juga disebutkan bahwa orang yang memberi buka orang yang berpuasa, maka dia mendapat pahala seperti pahala orang berpuasa tersebut. “Jadi, teman-teman FLP Sidoarjo bekerjasama dengan Dompet Qur’an Indonesia (Deqi) yang salah satu program unggulannya adalah memberi santunan untuk yatim penghafal Qur’an ingin pula mengamalkan hadist tersebut,” jelasnya.

Pihaknya juga ingin mengingatkan kepada masyarakat tentang keutamaan membaca Al-Qur’an.  Dalam acara sebar takjil ini juga ada bagi buku gratis kepada masyarakat dengan syarat setor hafalan beberapa surat pendek dalam Al-Qur’an. “Tujuannya adalah untuk meningkatkan minat baca masyarakat terhadap buku,” seru Ika Safitri. as

Komentar