Haji Cilik Sekolah Al Muslim Lakukan Doa Bersama dan Galang Dana Peduli Rohingnya

Suasana manasik sebelum penggalangan dana untuk Rohingya. as

Sidoarjo Pos-Untuk mengenalkan dan membangun semangat berhaji sejak usia dini, sekitar 950 siswa-siswi KB-TK-SD Al Muslim, pada Sabtu (9/9/2017) tadi pagi telah memadati Hall SD Al Muslim Kecamatan Waru, Sidoarjo. Mereka melaksanakan proses kegiatan manasik haji yang telah dilakukan setiap tahun.

Kegiatan manasik haji kali ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena pada tahun haji kali ini para peserta manasik haji juga ditanamkan sikap peduli terhadap sesama kaum muslim, khususnya kaum muslim Rohingya yang sedang mengalami pembantaian di Myanmar. “Manasik haji kali ini juga menanamkan rasa peduli siswa-siswi terhadap saudara kita muslim, di Rohingya,” tutur Siti Aminah Humas Al Muslim saat ditemui tadi padi di sela-sela kegiatan manasik.

Begitu juga, dalam khutbah wukuf mengambil tema ukhuwah wathoniyah, pentingnya menjaga rasa persaudaraan sesama muslim dan non muslim. Agar tidak terjadi seperti peristiwa Rohingya. “Khutbah pun ditutup dengan doa, dan seluruh siswa-siswi berdiri untuk melaksanakan shalat Ghoib atas korban kekerasan kaum muslim yang terjadi di Rohingya Myanmar,” terangnya.

Suasana warna putih begitu memadati Hall Indoor SD Al Muslim yang penuh sesak, dengan 950 lebih siswa-siswi beserta para gurunya memakai baju ikhram sebagaimana yang dilakukan oleh jama’ah haji di tanah suci tersebut. Mereka juga melantunkan kalimat-kalimat talbiyah dengan penuh semangat hingga ruangan Hall Indoor SD menggema ke seluruh ruangan.

Begitu juga saat di halaman sekoalah, walaupun sinar matahari mulai menyengat, namun tidak mematahkan semangat haji cilik Al Muslim untuk mengikuti setiap prosesi yang ada. Selain belajar pelaksaan rukun ibadah haji, siswa juga diajak merasakan langsung beratnya pelaksaan ibadah haji yang harus berdesakan dengan ribuan hingga jutaan umat Islam lain dari manca negara. Setelah berthawaf, para siswa menggelar doa untuk keselamatan muslim Rohingya dipimpin oleh ustad Muzakki, S.Ag.

Sementara itu,  dikantin SD Al Muslim sebelah utara, para siswa SMP dan SMA Al Muslim membuka stan bazaar peduli Rohingya. Hasil dari penjualan barang, makanan, dan minuman di donasikan untuk korban Rohingya. Sebelumnya, juga siswa-siswi KB sampai SMA telah menggalang dana untuk korban Rohingya. Dana yang terkumpul akan diserahkan langsung oleh para siswa melalui petugas Bank Syariah Mandiri. as

Komentar