Hari Ini Pemerintah Mulai Melayani Masyarakatnya Kembali

Suasana pelayanan di Kantor BPPT Sidoarjo sebelum lebaran/Idul Fitri 1437 H. as

Sidoarjo Pos – Mulai hari ini, Senin(11/07/2016­) semua layanan pemerintah di wilayah Kabupaten Sidoarjo siap dibuka kembali, untuk memberikan pelayanan kebutuhan masyarakat.

          Karena selama sepekan telah menikmati liburan bersama lebaran/Idul Adha 1437 H, kecuali ada beberapa layanan pemerintah yang tidak boleh libur, ada petugasnya secara bergantian, seperti rumah sakit, Puskesmas, Dishub, BPBD dan Dinas Pengairan.

            Kantor SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) mulai hari ini wajib melayani masyarakat seperti semula, diantaranya Dispenduk Capil, BPPT (Badan Pelayanan Perijinan Tepadu), Perpustakaan dan Arsip, termasuk juga kantor desa dan kecamatan. Tak ketinggalan layanan pertanahan BPN (Badan Pertanahan Nasional), Bank Jatim hingga kantor BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan dan Kantor Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) Polres Sidoarjo.

            Kepala Dispenduk Capil Drs Meddy Yulianto M Si, Minggu(10/6) menjelaskan kalau pihaknya dan jajarannya siap melayani masyarakat seperti semula. Mulai pelayanan pengurusan data kependudukan atau KTP, Kartu Keluarga, Akta kelahiran, Pindah Keluar maupun Pindah Datang. “Begitu masuk, kita harus melayani kebutuhan masyarakat seperti semula,” tegasnya.

            Hal yang sama juga ditegaskan oleh Sekretaris BPPT (Badan Pelayanan Perijinan Terpardu) Kabupaten Sidoarjo Reddy Kusuma, kalau pihaknya juga siap untuk melayani masyarakat yang membutuhkan beberapa perijinan. “Bahkan seluruh karyawan jam 7.00 tetap siap melakukan apel seperti biasa,” katanya.

            Selain layanan di Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, bentuk layanan masyarakat yang berhubungan dengan pertanahan, yakni BPN (Badan Pertanahan Negara) Kabupaten Sidoarjo juga sudah untuk melayani masyarakat yang membutuhkan dengan segera. Kepala BPN Sidoarjo Ir. Nandang Agus Taruna mengatakan bentuk-bentuk layanan yang telah diberikan kepada masyarakat mulai dari layanan permasalahan pertanahan, seperti pembuatan sertifikat tanah yang telah melebihi target, serta informasi tentang kondisi dan harga tanah.

            Menurutnya, di tahun 2015 lalu sudah ada 2.300 sertifikat yang telah diterbitkan untuk 11 desa yang ada di Sidoarjo ini. Target penyelesaian sertifikat tahun ini lebih cepat dari tahun kemarin. Tahun 2015 lalu penyelesaian sertifikat terwujud di bulan September. Tahun ini, yakin target penyelesaian sertifikat akan selesai dalam waktu dekat ini. Pasalnya sampai bulan Juni sudah 96% atau 2.100 sertifikat yang sudah dibagikan. “Akhir Juni menyusul yang 200 sertifikat melalui program Prona,”katanya. as

Komentar