Ibu-ibu Nelayan Desa Bluru Dilatih Buat Bakso Kerang

Suasana pendampingan di Balai Desa Bluru Kidul.as

Sidoarjo,  Puluhan ibu-ibu rumah tangga, atau khususnya ibu-ibu nelayan yang ada di Desa Bluru Kidul, Kecamatan Kota Sidoarjo telah mendapatkan pelatihan membuat penthol bakso dari bahan baku kerang. Mengingat para nelayan di desa tersebut kebanyakan setiap harinya menghasilkan kerang.

Program pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari (18 hingga 19/06/2016) di Kantor Balai Desa Bluru Kidul tersebut telah mendapatkan pendampingan di Universitas Pembangunan Nasional (UPN) ‘Veteran’ Surabaya. Selain pendampingan, mereka juga diberikan  dana untuk pembelian bahan bakunya sekaligus juga diberikan mesin-mesin penggiling, mesin penghalus.

Ketua Lembaga Penilitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UPN ‘Veteran’Surabaya Ir. Didiek Tranggono, M.Si mengatakan kalau program tersebut merupakan program dari Kemenristekdikti yang dilaksanakan oleh melalui LPPM UPN Surabaya.

Program ini sebelum dilakukan praktek, juga melalui koordinasi terlebih dahulu, dengan tujuan agar para ibu-ibu ini bisa berwirausaha, yang bisa meningkatkan kesejahterannya. “Jadi ibu-ibu ini merupakan embrio, diharapkan nantinya bisa memberikan ilmunya kepada masyarakat,” harap Didiek Tranggono.

Kepala Desa Bluru Kidul Tri Prastyo mengatakan sangat senang dengan adanya pemberdayaan ibu-ibu nelayan ini. “Semoga kegiatan seperti ini dapat bermanfaat untuk masyarakat,” katanya.

Selaku pendamping Desa Bluru Kidul, Irviandi Yudhotomo, SE, MM mengaku siap membantu menampung hasil produksi ibu-ibu tersebut. Kami siap memberikan kemasan yang lebih baik dan siap untuk memasarkan berapa saja produksi yang dihasilkan oleh ibu-ibu tersebut. “Kami saling membantu, ibu-ibu yang membuat, kami yang mengemas dan memasarkan, agar produksi mereka berjalan lancar,” aku Mas Andi_sapaan akrabnya. as

Komentar