Intako dan Wisata Lumpur Masuk Nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2017

Sidoarjo Pos-Kementrian Pariwisata Indonesia menunjuk kawasan lumpur Porong dan sentra kulit Industri Tas dan Koper (Intako) masuk dalam nominator Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017. Dua obyek wisata tersebut dianggap terpopuler dan masuk kategori wisata unik dan wisata belanja terpopuler.

Plt Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Djoko Supriyadi mengatakan, sebenarnya Sidoarjo mengusulkan enam destinasi wisata ke Kementrian Pariwisata. Namun, hanya kawasan lumpur Porong dan sentra kulit Intako yang ditunjuk masuk nominasi API 2017. Penunjukan tersebut membuat dinasnya harus bergerak untuk terus mempromosikan dua obyek wisata tersebut. “Kami ingin dua obyek wisata tersebut terpilih dalam penghargaan API 2017 November mendatang,” kata Djoko (30/5/17).

Dia mengungkapkan, penghargaan API 2017 tersebut tidak mudah didapatkan. Dua obyek wisata di Sidoarjo tersebut harus mendapatkan penilaian atau penjurian melalui pemungutan suara dan polling SMS. Pada periode 1 Juni-31 Oktober diharapkan masyarakat Sidoarjo dan lainnya bisa mempromosikan dengan membantu melalui voting atau SMS. “Kami targetkan bisa memperoleh 55 persen suara dari jumlah hasil pemungutan suara,” jelanya.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Intako maupun Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo untuk melakukan terobosan agar dua obyek wisata tersebut bisa semakin terkenal. Salah satunya dengan memberikan diskon kepada pembeli di Intako. “Kami juga ingin pihak restoran maupun hotel membantu promosi,” jelasnya.

Sekretaris Intako Andreas Wiko mengatakan, mendukung Intako mendapatkan penghargaan dari API. Pihaknya akan berkoordinasi dengan anggota Intako untuk memberikan diskon khusus bagi pembeli. “Kami juga berharap dengan diperolehnya penghargaan omzet Intako bisa terus meningkat,” jelasnya.

Dia menambahkan, saat ini omzet Intako sekitar Rp 700 juta per bulan. Masuknya Intako dalam nominator API akan membuat perajin tambah semangat dan meningkatkan kualitasnya. “Kami ingin Intako semakin dikenal sebagi produk unggulan dan obyek wisata belanja terpopuler,” pungkasnya. as

Komentar