Jadi Mahasiswa NU Harus Berkualitas Agar Siap Bersaing dalam MEA

Gus Ipul saat memberikan pengarahan kepada para mahasiswa Unusida. as

Sidoarjo Pos-Untuk menjadi mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida) harus baik, harus berkualitas. Caranya harus mempunyai tiga prinsip utama dalam kehidupan, baik dalam kehidupan lingkungan pendidikan maupun lingkungan masyarakat. Yakni spiritual happiness, intelektual happiness dan ketiga keterampilan.

          Itulah ‘wejangan’ Wakil Gubenur Jawa Timur Drs. H. Syaifullah Yusuf saat memberikan pengarahan dalam ‘Orientasi Studi Mahasiswa Baru Universitas Nahdlatul Ulama’ Sidoarjo, yang diikuti oleh 300 mahasiswa baru dari empat fakultas, pada (24/08/2016).

       Menurutnya, pintar dan cerdas saja tidak cukup. Selain kebahagiaan intelektual, mahasiswa harus memiliki kebahagiaan spiritual (spiritual happiness). Dengan memiliki kebahagiaan spiritual, mahasiswa tidak hanya pintar tetapi hatinya juga baik. Mahasiswa bisa menggunakan akal pikir kita, pada saat yang sama mahasiswa juga selalu diajarkan untuk dekat dengan Tuhan. “Indonesia akan maju dan semakin tegak dengan generasi muda yang memiliki intellectual dan spiritual happiness, ” kata Gus Ipul sapaan akrab Wakil Gubernur Jatim.

            Selain intellectual dan spiritual happiness, mahasiswa juga harus memperhatikan physical happiness dan keterampilan. Yang dimaksud physical happiness adalah kebahagiaan terhadap penampilan. “Penampilan ini diterapkan dalam packaging sebuah produk yang digunakan untuk dipasarkan di MEA. Penampilan harus baik, juga harus terampil. Jadi mahasiswa harus memiliki keterampilan dalam bersaing di era MEA yang sudah berjalan ini, ” tuturnya.

        Keterampilan yang harus dimiliki oleh generasi muda salah satunya adalah penguasaan bahasa asing. Penguasaan bahasa Inggris merupakan syarat utama. “Harapannya kalau bisa bahasa yang dikuasai tidak hanya bahasa Inggris namun juga bahasa masyarakat Asean. Sehingga diri kita bisa menjadi orang yang berkualitas,” harap Gus Ipul. as

Komentar