Jaga Kebugaran Saat Berpuasa

dokter dr Vanisia Hayu Firdayanti memeriksa kondisi pasien.as

Sidoarjo, Dalam menjalankan ibadah puasa di bulan yang suci ini, bagaimana agar tubuh kita tetap terjaga kebugaraanya, serta nyaman dalam beraktivitas. Oleh karena itu usahakan makan makanan yang banyak mengandung gizi, karbohidrat dan protein.

Itulah saran yang diberikan dokter umum Rumah Sakit Islam (RSI) Siti Hajar Sidoarjo, dr. Vanisia Hayu Firdayanti kepada masyarakat, saat ditemui Rabu (8/6/2016).

Menurutnya, dalam menjaga kondisi badan agar tetap bugar selama menjalankan aktivitas, cukupi kebutuhan cairan saat saur dan berbuka puasa. Jangan lupa, cukupi pula kebutuhan gizi seimbang seperti sayur dan buah. “Saat berbuka puasa, makan yang manis-manis seperti kurma, pisang dan jangan makan makanan yang berat. Setelah sholat maghrib, baru makan dengan makanan yang berat. Jangan minum yang mengandung soda, dan bagi perokok sebaiknya dikurangi karena bisa memicu sakit maag,”saran dr. Vinisia Hayu Firdayanti.

Sementara bagi orang sakit yang ingin menjalankan puasa, jangan telat makan sahur dan segera berbuka karena akan menambah energi saat berpuasa. Selain itu, segera konsultasi dengan dokter bila ada obat yang harus diminum, istrihat cukup dan mengukur kemampuan diri bila tidak kuat berat jangan dipaksakan diri. “Makan makanan bergizi tinggi terutama yang mengandung protein tinggi karena akan meningkatkan pertumbuhan, mengembalikan energi dan segerakan berbuka dan jangan menunda,” pungkasnya.as

Komentar