Jelang PPDB 2021/2022 Jajaran Pimpinan BPPNU Sidoarjo Ziarah ke Makam Habaib dan Para Ulama

Sidoarjopos-Ketua BPPNU (Badan Penyelenggara Pendidikan Nahdlatul Ulama) Yayasan Walisongo Sidoarjo bersama pengurus dan jajaran pimpinan sekolah 6 unit sekolah MTs NU, Aliyah NU, SMP Islam, SMA Islam, SMK Dipenegoro, SMK NU Plus beserta panitia PPDB berziarah ke makam habaib dan para ulama  Jawa Barat dan Jawa Tengah.

“Kegiatan yang dilakukan menjelang gelaran PPDB 2021/2022 dan Tabarrukan Nisfu Syakban ini bentuk khidmat kami kepada para habaib, para ulama terdahulu dalam berjuang menyebarkan Islam,” kata Ketua BPPNU Yayasan Walisongo. KH Syafiik, Jumat (26/3/2021) saat melepas pemberangkatan rombongan menuju Jakarta.

Gus Syafiik_sapaan akrabnya, mengatakan kepada perlu mengingat dan belajar dari kisah para Habaib berjuang mensyiarkan Islam Rahmatan Lil Alamin.  “Indonesia bisa begini ini, menerima perbedaan dan kebhinekaan adalah karena jasa-jasa beliau para habaib para ulama,” ujarnya.

Beberapa tempat  makam yang mau di ziarohi diantaranya, kampung Luar Batang yang berlokasi di Penjaringan, Jakarta Utara, dan letaknya terhimpit terusan Pelabuhan Sunda kelapa, Menurut sejarah, makam keramat tersebut merupakan makam Sayid Husein, yaitu seorang penyebar agama Islam yang berilmu tinggi. “Ulama yang bernama lengkap Sayid Husein bin Abubakar bin Abdullah al-Aydris ini juga diyakini sebagian besar orang sebagai keturunan Nabi Muhammad,”ujar pengasuh Pondok Pesantren Ketegan Tanggulangin.

Insyaallah dengan ziarah kubur ini untuk tabarruk atau mendapatkan keberkahan para Aulia dan habaib yang dipandang memiliki kedekatan dengan Allah dan berjasa dalam berdakwah menebarkan agama Islam di masyarakat. “Ziarah dengan tujuan ini disunahkan dengan mengunjungi kuburnya orang-orang yang dikenal baik pada waktu hidupnya,” ungkap Nur Huda salah satu panitia PPDB dan guru senior di lingkungan MA NU Sidoarjo. asgi

Komentar