Kadis PU Bina Marga Kumpulkan Seluruh Stafnya Diajak Antisipasi Pungli

Kepala Dinas PU BM memberikan penjelasan kepada stafnya masalah Saber Pungli. as

Sidoarjo Pos-Peduli terhadap pemberantasan pungli, serta menerapkan Perpres Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar atau yang sering disebut dengan Saber Pungli yang sudah dilaksanakan oleh pemerintah. Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Sidoarjo, Kamis(27/10) pagi telah mengumpulkan seluruh staf-stafnya diajak bersama-sama untuk mengantisipasi adanya Pungli.

            Dalam memberikan pemahaman terhadap stafnya, Kepala Dinas PU Bina Marga Sidoarjo Ir Sigit Setyawan juga memutarkan video keterangan yang dipaparkan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto. “Jadi, kami sebelumnya juga sudah melakukan antisipasi, baik itu ada pungli maupun tidak ada pungli,” katanya.

            Selain itu, para staf tadi juga diberikan waktu untuk menuangkan atau memberikan keluhan, maupun masukan-masukan agar kami bisa memotong alur proses birokrasi yang terlalu panjang, proses panjang dan bertatap muka terhadap pemohon, itu masih sangat rawan terjadinya pungli. “Selama pemohon dan pemberi layanan ini masih bertemu, masih membawa berkas keliling, maka kerawanan pungli masih bisa saja terjadi,” ujar Sigit Setyawan.

            Ia menegaskan kalau proses pelaksanaan program layanan pemerintah, utamanya di PU Bina Marga Sidoarjo tempat-tempat yang masih dinilai rawan pungli, diantaranya pada pengawasan di lapangan, karena pengawas masih sering ketemu dengan pihak rekanan. “Termasuk juga pada proses pencairan anggaran, dalam pencairan anggaran masih banyak berkas-berkas yang harus diselesaikan, juga permintaan percepatan layanan,” terang Sigit Setyawan.

            Oleh karena itu, pihaknya kedepan akan segera memanfaatkan kecanggihan IT degan membuatkan aplikasi yang gunanya akan memangkas jalur birokrasi yang panjang. Pemohon tidak harus ketemu dengan pengelola layanan, yakni pihak pemerintah. “Harapan kami, nantinya semuanya cukup dilayani melalui aplikasi-aplikasi yang sudah disiapkan, proses ketemu hanya sepintas, waktu verifikasi data saja,” pungkas Sigit Setyawan yang didampingi para Kepala Bidang-bidangnya.as

Komentar