Kampoeng Sinaoe Gelar Pembuatan ‘Big Book’ Dasar Secara Gratis Bagi Guru

Suasana pembelajaran di Kampoeng Sinaoe, Siwalanpanji, Buduran. as

Sidoarjo Pos-Demi meningkatkan budaya literasi masyarakat yang cerdas, serta berpengetahuan dan berbudaya. Kampoeng Sinaoe Sidoarjo bekerja sama dengan Ruang Baca Aqil Malang merencanakan sebuah program ‘Big Book’ bagi guru-guru SD, SMP hingga SMA secara gratis.

Program yang akan dilaksanakan pada tanggal 6 Oktober 2017 tersebut, bertujuan untuk menjadikan pendukung proses pembelajaran, dalam rangka meningkatkan budaya literasi masyarakat yang cerdas berpengetahuan dan berbudaya, yang sekarang ini kondisinya sangat berkurang.

Menurut Pengelola Kampoeng Sinaoe Ida Normala menjelaskan, kalau kegiatan pendukung pembelajaran peningkatan budaya literasi, yang dapat dilakukan secara berkelanjutan adalah Workshop Pembuatan Bigbook. Kegiatan ini menjadi salah satu solusi yang ditawarkan kepada masyarakat, atas keterbatasan dalam mengakses sumber informasi dan pengetahuan sesuai dengan kebutuhannya.

Mengingat, harga buku yang masih relatif mahal, utamanya bagi masyarakat kalangan menengah ke bawah. Juga akses buku anak-anak yang sesuai dengan kebutuhan informasinya masih sulit menjadi beberapa keterbatasan dalam membuat bigbook. “Workshop pembuatan Bigbook inilah bertujuan untuk menstimulus masyarakat, agar bisa menyediakan sarana edukatif yang sederhana, terjangkau, menyenangkan serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar masyarakat, khususnya anak-anak dan remaja. Guru atau pendidik menjadi sasaran utama kegiatan ini,” jelas Ida Normala, tadi pagi (4/10/2017).

Workshop ini diharapkan dapat memiliki beberapa manfaat, baik oleh pembuat bigbook maupun pengguna bigbook. Manfaat tersebut meliputi, melatih kemampuan berpikir kritis pembuat bigbook (guru). “Yang lebih penting lagi bisa menjadi media belajar yang sederhana dan murah tapi menyenangkan bagi anak. Juga menjadi media preservasi local content di masyarakat,” pungkasnya. as

Komentar