Kapolres Tinjau Jalan, Antisipasi Kemacetan Saat Mudik Lebaran

Kapolres mununjukkan trotoar atau pulau jalan yang akan dikepras. as

Sidoarjo, Agar para pengguna jalan saat mudik lebaran/Idhul Fitri 1437 H yang melintas di wilayah Sidoarjo dan sekitarnya bisa berjalan aman dan nyaman dalam berkendara. Kapolres Sidoarjo bersama Dishub Provinsi Jawa Timur, Dishub Sidoarjo, Balai Besar Jalan Nasional dan Bina Marga melakukan Sidak pantau kondisi jalan.

            Rombongan yang dipimpin langsung Kapolres Sidoarjo AKBP Muh. Anwar Nasir, SIK, MM dari Kantor Bupati Sidoarjo langsung menuju arah utara/Surabaya sembari memperhatikan kondisi jalan yang dilalui. Sampai di wilayah kemacetan, yakni bawah jembatan layang Waru, Sidoarjo, rombongan berhenti dan turun mengamati kondisi keberadaan jalan tersebut.

            Koordinasi yang dilakukan di lokasi, pada(21/06/2016) tersebut bertujuan mencari solusi untuk mengurai kemacaten di bawah jembatan layang Waru, Sidoarjo. Solusinya, diputuskan untuk melakukan pengeprasan trotoar tengah jalan, atau pulau jalan yang mengarah kebarat/ke arah Medaeng.

             Kapolres Sidoarjo AKBP Muh. Anwar Nasir SIK MM saat tinjua lokasi, mengatakan kalau bawah layang waru akan dilakukan rekayasa jalan, yakni akan melakukan pengeprasasan median jalan yang memakan badan jalan. Pulau jalan arah ke Medaeng akan dikepras sekitar 1 meter. Sementara yang dari arah Sidoarjo-Surabaya sebelah kiri jalan akan dikepras sekitar 2 meter. “Diluruskan dengan jembatan yang di sisi utaranya,” tegas Anwar Nasir.

            Sedangkan putar balik yang dari arah utara menuju barat ke Medaeng, atau bali utara/arah Surabaya sering terjadi diskresi. Sehingga yang ke Medaeng diperbolehkan menyeberang mulai jam 08.00 pagi. “Rekayasa itu sedikit melancarkan lalu lintas yang berada di bawah layang Waru,” terangnya.

            Karena lokasinya di jalan nasional, kami telah melakukan koordinasi dengan Balai Besar Jalan Nasional, Dishub Provinsi Jawa Timur dan Dishup Kabupaten Sidoarjo. Wakil Dishub Jawa Timur Triana Wijayanti berjanji akan melaksanakan pengeprasan pulau jalan tersebut cukup dalam waktu satu minggu dari sekarang. “Untuk pengerjaan lokasi tersebut memerlukan waktu sekitar satu minggu saja,” katanya.

            Sementara itu Kasi Opservasi Balai Besar Jalan Nasional, Purnyoto mengatakan kalau pihaknya juga mengaku siap untuk melaksanakan pekerjaan tersebut. Tetapi kami harus menunggu Dishub Provisi Jatim dan Dishub Sidoarjo untuk memindahkan lampu TL nya. “Jika lampu TL tersebut selesai, kita langsung melaksanakannya,” tegas Purnyoto.

            Kapolres Sidoarjo Anwar Nasir juga menambahkan, untuk survey jalan di wilayah Waru ini akan dilakukan terus hingga ke wilayah Taman, Balongbendo, Tarik, Prambon hingga ke wilayah Porong.

            Menutunya untuk lampu TL wilayah Medaeng sering terjadi crossing ke kanan arah Bungurasih. Sehingg sering terjadi kemacetan, saat ini saja sering terjadi kemacetan. “Perubahan solusinya lampu TL agak dimajukan sekitar 50 meter,” tambahnya.

            Kemudian, marka jalan yang dari arah Bungurasih kita potong, sehingga pengguna jalan agak manuver ke kiri, biar tidak akan terjadi penyempitan. as

Komentar