Kapolresta Sidoarjo Berharap Kampung Bebas Narkoba Bisa Memotivasi Daerah Yang Lain

Sidoarjo Pos-Berdirinya kampung anti narkoba yang diprakarsai warga Desa Sekardangan, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo ini diharapkan oleh Kaporesta Sidoarjo bisa memotivasi kampung-kampung yang lain untuk mencanangkan Kampung Bebas Narkoba.

Harapan tersebut ditegaskan Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho saat mendeklarasikan Kampung Bebas Narkoba bersama Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin dan Kepala BNN Kabupaten Sidoarjo AKBP Toni Sugianto beserta warga RT 23/RW 7 Desa Sekardangan, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, (30/3/2019) tadi pagi.

Zain Nugroho menegaskan kalau pendirikan kampung bebas narkoba tidak mudah, harus dievaluasi atau dipantau perkembangannya terkait narboba itu selama 5 tahun. Setelah itu baru dilakukan koordinasi, pemberian sosialisasi tentang permasalahan narkoba. “Berikutnya semua warga harus di tes urine, tujuannya agar betul-betul terbebas dari narkoba. Setelah proses itu terlampaui dengan baik, barulah bisa kita deklarasikan seperti sekarang ini,” tegasnya.

Jadi jangan sampai sudah kita deklarasikan, ternyata warganya masih ada yang menggunakan. Hal itu jangan sampai terjadi, makanya prosesnya cukup panjang. “Dan pesannya, kata ‘Bebas Narkoba’ jangan diartikan kita bebas memakai narkoba. Tetapi bebas dari segala macam bentuk penyalahgunaan narkoba,” tegas Zain Dwi Nugroho.

Sementara itu, Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin juga berharap kampung bebas narkoba ini bisa menjadi percontohan, bisa menjadi role model kepada desa-desa yang lain. Jadi narkoba ini jangan dianggap remeh, narkoba ini sangat berbahaya sekali, karena bisa merusak sendi-sendi genarai muda kita.

“Mari kita satukan presepsi, bahwa narkoba adalah musuh kita. Jangan sampai kita memandang narkoba itu remeh, padahal sudah menasional. Pandangan tersebut sangat salah, sangat keliru. Mari kita beri pencerahan kepada masyarakat bahwa narkoba ini masalah besar luar biasa. Oleh karena itu harus kita tangani bersama-sama,” tegas Cak Nur_sapaan akrab Wakil Bupati Sidoarjo.

Ketua RT 23/RW 7 Kelurahan Sekardangan Edi Triyanto mengaku kalau program ini sudah berjalan selama tiga tahun, dan prosesnya tidak mudah. Memang harus ada yang mau, harus ada yang perduli untuk menggerakkan. Kita semua harus mau berperan untuk menjalankan program yang telah disepakati bersama-sama. “Sekarang ini semua warga yang jumlah sekitar 189 ini sudah berjalan dengan baik. Mereka sangat peduli terhadap narkoba, juga peduli terhadap lingkungan sekitarnya,” jelas Edi Triyanto.

Ia juga berterima kasih kepada Kapolresta Sidoarjo dan jajarannya karena telah disupport dengan baik, termasuk dengan Kasat Narkoba. Dalam kepedulian lingkungan, kami juga berhasil mengolah sampah dengan baik, hingga dalam lomba  lingkungan bersih dan hijau menjadi juara dengan menyabet empat kategori. “Itulah yang menjadi pertimbangan Kapolresta hingga tempat ini dijadikan percontohan Kampung Bebas Narkoba, termasuk tempat-tempat Pos Kamling sebagai Kamtibmas, juga aktif semuanya dengan baik,” pungkas Edi Triyanto. as

Komentar