KB TK Al Muslim Tanamkan Karakter Kebangsaan Anak Melalui Perayaan HUT RI ke 72

Siswa siswi TK Al Muslim senam dengan menggunakan pakaian merah putih. as

Sidoarjo Pos-Menyambut peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72 dimanfaakan oleh KB-TK Al Muslim Sidoarjo untuk menggelar berbagai perlombaan. Yang mana perlombaan tersebut juga sebagai ajang menanamkan karakter kebangsaan. Diantaranya berlari ambil bendera, tujuannya agar anak-anak lebih mengenal terhadap bendara bangsa Indonesia.

Kepala KB –TK Al Muslim Siti Umroh, S.Pd menjelaskan, dan sengaja meminta kepada siswanya dan semua guru untuk memakai pakaian bernuansa merah putih. Dengan harapan agar dalam peringatan menyambut peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72 ini, guru maupun siswa bisa menghayati bagaimana menjadi pahlawan kemerdekaan.

Kegiatan ini dilakukan agar membentuk karakter anak-anak, mereka bisa mempunyai rasa bangga,  cinta tanah air  dan bangsanya dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya disertai memegang dada sebelah kiri untuk  membiasakan untuk menumbuhkan semangat nasionalisme pada anak usia dini. “Karena nilai semangat nasionalisme harus dilestarikan dan di wariskan kepada generasi peminpin bangsa yang rahmatan lil alamin. Generasi penerus bangsa agar mampu menjadikan bangsa Indonesia lebih maju di kanca dunia,” tutur Siti Umroh.

Triana Dewi, S.Pd I selaku koordinator acara menyampaikan kalau usia dini merupakan masa keemasan, dimana perkembangan otak anak berkembang secara pesat. Oleh karena itu, pada masa ini anak harus benar-benar distimulasi, agar perkembangannya menjadi optimal, demi masa depannya.

Kita sebagai guru berkewajiban menanamkan karakter cinta tanah air dan bangsa. Karakter sangat perlu ditanamkan kepada anak sejak usia, karena mereka memiliki sikap dan tingkah laku  yang  dapat menghargai bangsa dan negaranya. “Caranya seperti yang kita lakukan sekarang ini, melalui berbagai kegiatan dan metode yang bervariasi. Seperti halnya kegiatan perlombaan menyambut HUT kemerdekaan RI ke-72 ini,” katanya. Waru Sidoarjo.

Diantara lomba-lombanya adalah senam ceria 3, lari bawa kelereng pakai sendok dimasukkan toples, dan apit bola untuk siswa TK. “Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72 ini dilaksanakan selama 2 hari, mulai selasa (15/8) lomba lari ambil bendera, lari bawa kelereng pakai sendok dimasukkan toples, dan apit bola. Lomba senam antar kelas pada Rabu (16/8),” tambah Siti Aminah Humas Al Muslim. as

Komentar