Kecamatan Krian – Kartarcam Krian Gelar Gebyar UMKM dan Gelar Seni Budaya Rakyat

Camat Krian dan Ketua Kartar Kabupaten Sidoarjo sedang melihat hasil produk warganya. as

Sidoarjo Pos-Untuk meningkatkan produktivitas dan peran masyarakat di bidang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta kesenian rakyat. Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo telah menggelar gebyar UMKM dan pegelaran seni rakyat.

           Kegiatan yang digagas Camat Krian bersama dengan Karang Taruna Kecamatan Krian, dibuka langsung oleh Camat Krian Agustin Iriani, SH dengan didampingi Ketua Karang Taruna Kabupaten Sidoarjo Imam Syafi’i dan Ketua Kartarcam Krian, gebyar tersebut dilakukan sehari-semalam penuh di sepanjang Jln. Moh. Yamin-Krian, Minggu (4/12/2016).

            Usai membuka dan keliling melihat-lihat produk UMKM di wilayahnya, Camat Krian Agustin Iriani, SH mengatakan kalau kegiatan seperti ini telah digelar secara rutin setiap tahun. Jadi gebyar UMKM dan pagelaran seni rakyat untuk memamerkan produk-produk lokal kepada masyarakat secara luas. “Kami selalu mengadakan kegiatan seperti ini di tempat yang berbeda-beda, pindah-pindah wilayah biar merata,” katanya.

           Menurutnya, kegiatan yang digagas bersama Karang Taruna Kecamatan (Kartarcam) Krian itu dimaksudkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat serta mengurangi jumlah pengangguran yang ada di wilayahnya. Semakin banyaknya masyarakat yang memiliki usaha sendiri, tentu saja akan mampu memberikan tambahan keuangan bagi keluarga serta mampu menciptakan lapangan kerja yang baru bagi masyarakat di sekitarnya.

            Selain usaha, kami juga berusaha mengangkat kesenian dan kebudayaan masyarkat Krian yang sangat majemuk ini. “Ada beragam seni dan budaya di Krian yang selama ini belum kita gali, padahal itu adalah aset bangsa yang harus kita lestarikan bersama,” pungkasnya.

       Ketua Kartarcam Krian M. Imam Haryanto mengatakan kalau seluruh desa dan kelurahan ikut berperan menampilkan produk-produknya, baik itu yang berupa makanan maupun kerajinan serta kebudayaan dari masing-masing desa dan kelurahan.

          Ia berharap dengan kegiatan seperti ini, semua elemen masyarakat ikut berperan aktif dalam meningkatkan produksi lokal serta ikut menjaga seni budaya di wilayah Krian yang sangat beraneka ragam.

       Hal senada juga disampaikan oleh Imam Safi’i Ketua Karang Taruna Kabupaten (Kartarkab) Sidoarjo mengatakan kalau generasi muda harus diberikan ruang seluas-luasnya untuk mengekspresikan kemampuannya. Baik di bidang UMKM, seni maupun budaya. “Karena semakin banyak kegiatan yang positif dilakukan oleh anak-anak muda, maka permasalahan sosial,  seperti kenakalan, narkoba maupun tindak pidana lainnya akan bisa ditekan,” katanya.

           Adapun seni budaya yang ditampilkan antaranya lain, Kuda Lumping, Reog Ponorogo, Pencak Silat, Musik Patrol, Musik Pop/Dangdut, Qasidah Rebana serta pagelaran seni desa-desa yang ada diwilayah Kecamatan Krian. as

Komentar