Kerjasama Pengelolaan Sampah Menjadi Tenaga Listrik dengan CEIL China Segera Terwujud

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah saat memberikan paparan lokasi di hadapan investor china. as

Sidoarjo Pos-Kerjasama Pemkab Sidoarjo dengan investor di bidang pengelolaan sampah, China  Everbright Internasional Limited (CEIL) mulai menemui titik terang. Investor asal Tiongkok tersebut datang ke Kota Delta untuk mensurvei sejumlah tempat yang nantinya dijadikan bangunan pengelolaan sampah.

    Tim investor yang dipimpin oleh Deputy General Manager International Busines Departement CEIL, Tony Xu memaparkan sejumlah konsep tentang pengelolaan sampah di hadapan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, kemarin (4/10/2016) di Pendapa Delta Wibawa.

     Dalam presentasi yang di antaranya juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Bahrul Amig, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Siswojo, Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Ahmad Zaini, Kabag Kerjasama Ari Suryono dijelaskan tentang pentingnya pengelolaan sampah.

        Tony Xu mengatakan, dalam survey di Sidoarjo ini pihaknya melihat sejumlah lahan di Jabon dan Porong. Namun Bupati Sidoarjo Saiful Ilah memberikan lokasi di Lingkar Timur  karena tidak terganggu oleh jaringan listrik milik PLN. Dari lahan tersebut, nantinya masih akan disepakati untuk untuk membangun bangunan pengelolaan sampah dibutuhkan minimal lahan 8 hektar. “Kita akan survey untuk lahan yang di lingkar timur,” katanya.

        Dia mengungkapkan, selain survey, pihaknya juga menyekapati sejumlah kerjasama di bidang perizinan yang nantinya dilakukan. Mekanisme yang dibutuhkan untuk terlaksananya proyek akan dikomunikasikan lebih lanjut dengan Pemkab Sidoarjo. “Kunjungan ini kedatangan kedua kali untuk semakin mengerucutkan kerjasama pengelolaan sampah,” terangnya.

       Menurutnya, perusahaannya telah memiliki banyak pengalaman di bidang pembangunan pabrik pengolahan sampah menjadi energi dan pembangkit listrik di wilayah Tiongkok, Asia Tenggara dan Eropa. “Everbright sudah mempunyai 28 tempat pengolahan sampah di Tiongkok. Dengan proses pengolahan sampah dibakar,” katanya.

        Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengatakan, kedatangan tim investor CEIL ini sebagai tindak lanjut kunjungan yang dilakukannya ke Shezhen, China beberapa waktu lalu. CEIL memiliki program yang bagus dalam pengelolaan sampah sehingga Sidoarjo tertarik untuk mengadopsi konsep tersebut. “Meski pengelolaan sampah tetapi bersih dan hasilnya bisa menjadi energi listrik,” ucapnya.

    Menurutnya, kerjasama dengan CEIL merupakan terobosan positif. Sebab, CEIL merupakan salah satu perusahaan yang berkantor pusat di Shenzhen, China yang merupakan perusahaan bidang perlindungan lingkungan terbaik dan terbesar di Asia. “Konsepnya bagus. Saat ini Sidoarjo butuh penanganan sampah yang cepat dan tepat,” terangnya. as

Komentar