Komunitas Sinaoe Hijau Berharap Pemerintah Jangan Hanya Membangun, Perawatan Juga Lebih Penting

Reamaja Komunitas Sinaoe Hijau sedang membersihkan sampah di sungai. edwin

Sidoarjo Pos-Perihatin dengan keadaan sungai yang penuh dengan berbagaimacam sampah. Anak-anak muda yang tergabung dalam Komunitas Sinaoe Hijau, bergerak melakukan aksi untuk membersihkan sungai, pada Minggu (18/9/2016) pagi.

Mereka beraksi bersih-bersih sungai di lingkungan desa sekitar tempat berkumpul, lembaga pendidikan ‘Kampoeng Sinaoe’ yakni Desa Siwalanpanji Kecamatan Buduran Sidoarjo.

Para pemuda-pemuda itu tidak sungkan untuk mengobok-obok sungai yang penuh dengan sampah, termasuk bangkai tikus yang menghambat aliran air dalam sungai. Mereka hanya menggunakan peralatan seadanya yang terbuat dari kayu dan paku untuk melakukan aksinya.

Ahmad Fajar Romadhon, selaku anggota Komunitas Sinaoe Hijau mengatakan, kalau melihat banyaknya sampah yang menghambat aliran air dalam sungai membuat hati teman-temannya tergerak untuk terjun langsung membersihkan. Tertutama sungai yang ada di desa saya sendiri. “Meskipun masyarakat banyak yang mengetahui, namun mereka belum tersentuh hatinya akan rasa kepedulian terhadap lingkungan”, katanya.

Menurutnya, Pemerintah Desa Siwalanpanji seharusnya tidak hanya melakukan pembangunan saja seperti yang dilakukan saat ini, tetapi juga harus merawat sungai-sungainya. “Karena apa gunanya pembangunan kalau tidak memperdulikan keberlangsungan sehari-harinya yaitu dengan perawatan,” katanya.

Sungai merupakan pusat utama aliran pembuangan air warga di sekitarnya. “Harapan saya, kedepannya pemerintah desa bisa peduli dengan banyaknya sampah yang ada di sungai, dan juga masyarakat dapat sadar akan pentingnya menjaga lingkungan terutama sungai yang ada di Desa Siwalanpanji,” harap pemuda asli Siwalanpanji ini. edwin,as

Komentar