Korban NR Dipindah Sementara ke Liponsos

Jabon, Nasib korban NR (14) dan keluarga warga Dusun Jangan Asem Desa Trompoasri Kec Jabon hingga kini masih terkatung-katung tidak jelas. Belum ada pihak-pihak yang peduli untuk membantu mengurusi administrasinya. Padahal Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa berharap kepada pihak pemeritah daerah dan provinsi untuk penduli terhadap sosial kemanusiaannya.

            Melihat kondisi tersebut, akhirnya pihak Karangtaruna Kabupaten Sidoarjo, pada (31/5) berinisiatif mencarikan tempat tinggal sementera, yakni di UPT Liponsos Dinsosnakertrans Pemkab Sidoarjo.

            Ketua Kartar Sidoarjo Imam Syaifii menegaskan kalau NR gadis  di bawah umur yang diperkosa warga setempat hingga hamil 8 bulan. Untuk sementara ini kami ungsikan ke Liponsos. Selama di Liponsos NR dan keluaganya  akan mendapat pendamingan dari Kartar sambil menunggu kejelasan admistrasinya. “Selanjutnya untuk dibawa ke Malang sesuai intruksi Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa,” katanya.

            Pasca 10 hari dikunjungi Mensos, rumahnya yang merupakan bekas kandang bebek, NR bersama keluarganya selalu mendapatkan perilaku yang tidak enak, disindir dan dicemooh oleh warga yang tidak menyukainya. “Jadi untuk pemindahan keluarga NR dirasa sangat penting, mengingat kurang lebih 6 minggu lagi janin yang di kandungnya akan segera lahir. “Di sisi lain pemindahan keluarga  NR  juga untuk menghidari intimidasi dari warga Desa Trompoasri yang tidak senang dengan keberadaannya,” ungkap Imam Syafii.

            Ditempat yang baru, Liponsos NR dan keluarga akan menempati dua kamar, satu kamar khusus untuk bapaknya, satu  kamar lagi untuk NR dan ibunya. “Kondisi kamar  jauh lebih baik dari kondisi rumah sebelumnya di Desa Trompoasri, meskipun dengan keterbatasan fasilatas yang ada,” ujar Imam Syafii.

            Seperti diberitakan sebelumnya, sejak  bulan Desember 2015, NR dan keluarganya terpaksa tinggal di bekas kandang bebek milik Yuni. “Kondisinya sangat memprihatinkan,  setelah diusir oleh warga dari rumah sebelumnya, ketika diketahui korban telah hamil akibat diperkosa oleh 5 orang warga setempat,” pungkasnya.as

Komentar