Kurang Persiapan Yang Matang, Festival Sastra Sidoarjo Jauh Dari Target

Sidoarjopos-Festival Sastra Sidoarjo yang digelar sejak tanggal 1 – 31 Maret 2021 gagal memenuhi target. Jauh dari target yang diharapka, yakni sebanyak 200 peserta, dan ternyata hingga hari ke-21 ini, baru tercapai 37 peserta.

Ketua Pelaksana Festival Sastra Sidoarjo, Ribut Wijoto, Minggu (21/3/2021). Ia menduga, kegagalan target disebabkan oleh kurangnya sosialisasi dan publikasi, juga kurangnya persiapan yang matang.

“Kita menargetkan 200 peserta. Gambaran kita, festival tidak hanya diikuti oleh sastrawan. Tetapi, festival diikuti oleh seniman dan masyarakat umum. Ternyata respon masyarakat kurang. Ini sepertinya karena kurang gencarnya sosialisasi dan publikasi. Sehingga masyarakat tidak tahu akan adanya Festival Sastra Sidoarjo,” kata Ribut.

Padahal, menurut Ribut, festival dimasudkan agar masyarakat semakin akrab dengan karya sastra. “Festival ini adalah salah satu wadah bagi ungkapan kreativitas warga dalam bentuk karya sastra. Ketika budaya instan dan budaya share-share tulisan orang lain kian mewabah, kita merangsang masyarakat untuk berkreativitas. Mengungkapkan perasaan, gagasan, dan pendapat pribadi melalui karya sastra. Sayangnya tujuan ini belum bisa tercapai,” katanya.

Ribut berharap, pada Festival Sastra Sidoarjo 2022 tahun depan, panitia memersiapkan diri dengan lebih matang. “Ya meskipun target gagal terpenuhi, mewakili seluruh panitia, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada para peserta yang telah mengirimkan videonya. Semoga karya dari teman-teman itu bisa memberi pencerahan kepada masyarakat. Amin,” kata Ribut.

Terkait format kegiatan untuk tahun depan, Ribut memastikan bahwa konsep yang diusung masih sama. “Festival ini memaksimalkan media audio visual. Pembacaan atau pentas karya sastra yang direkam dalam bentuk video. Publikasinya melalui media sosial. Pola kerja seperti ini sudah menjadi kehendak zaman. Kita tidak bisa hanya melulu tatap muka. Saya berharap, tahun depan, konsep dan pelaksanaan festival bisa disiapkan lebih matang. Agar target-targetnya tercapai,” katanya. agi

Komentar