Kurangi Atrian Panjang Dishub – Bank Jatim Sidoarjo Terapkan Pembayaran E-Money

Kadishub Bahrul Amiq dan Dirut Bank Jatim Sidoarjo Hariyani melihat proses pembayaran E-Money. as

Sidoarjo Pos-Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkab Sidoarjo mulai memberlakukan uji kendaraan  bermotor dengan sistim E-Money, yakni pembayaran non tunai mulai, Senin (3/9). Sistim baru ini, selain untuk memudahkan masyarakat yang akan melakukan uji kir kerdaraan, serta mengurangi antrian panjang kendaraan di Jl Raya Gelam, Kecamatan Candi, Sidoarjo.

Selain itu, pembayaran non tunai ini, untuk memberikan kepastian dan transparansi dalam memberikan pelayanan kepada para pemohon uji kir. Jika sebelumnya Dishub Pemkab Sidoarjo menerapkan pembanyaran uji kir kendaraan bermotor dengan sistim cashless (membayar dengan uang tunai) sudah tak diberlakukan lagi. Alasannya sistim pembayaran tunai itu, masih banyak kekurangannya. Baik untuk pemilik kendaraan maupun petugas Dishub Pemkab Sidoarjo.

Kepala Dishub Sidoarjo M. Bahrul Amiq menegaskan pelayanan selama ini sudah sesuai standar menggunakan sistem pembayaran tunai. Tapi, mulai hari ini yang pertama dilakukan pembayaran non tunai. Mulai hari ini Dishub Sidoarjo memberlakukan uji kir kendaaraan bermotor dengan sistem pembayaram E Money,” tegasnya.

Lebih jauh, mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Pemkab Sidoarjo ini menguraikan dalam menerapkan sistem pembayaran E Money pihaknya bekerjasama dengan Bank Jatim Sidoarjo untuk menyediakan layanan baru ini. Tujuan utamanya adalah untuk agar penyelenggaraan pelayanan menggunakan azas kepastian dan azas transparansi.

“Sudah tidak jamannya lagi menggunakan sistem pembayaran uang tunai. Karena nanti akan menumpuk uang tunai baru akan disetorkan. Ini tidak menguntungkan petugas dan pemohon uji kir. Makanya sekarang kami langsung ikhtiar (berusaha) menggunakan sistem non tunai. Sekaligus edukasi ke masyarakat,” imbuhnya.

Jadi, sekarang jamannya berupaya memberi kepastian. Kalau pembayarannya sudah pasti pakai e money, maka sistem kontrolnya by sistem atau IT. “Tak ada kata rekayasa di sana sini dan tak ada biaya tambahan atau lainnya. Karena semua sudah tersistem,” tegasnya.as

Komentar