Kurangi Main Gadget SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo Gelar Makasa 2018

Suasan Makasa 2018 di SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo, semua guru menggunakan pakaian minang. as

Sidoarjo Pos-Demi menghindari anak-anak dari kecanduan main gadget atau handphone, hari pertama masuk sekolah siswa SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo diperkenalkan dengan literasi seni panggung, yang mengambil tema ‘Makasa’ (Masa Kasih Sayang).

      Kegiatan Makasa yang merupakan program pengenalan lingkungan sekolah dan pengenalan terhadap semua guru kepada para siswa baru, juga merupakan kegiatan literasi pagi dan literasi sore. Literasi pagi adalah untuk bahasa, salah satunya adalah membaca nyaring. “Untuk hari ini kita model musikalisasi buku, dan judul buku yang kita ambil adalah sebuah cerita dari Tanah Minang. Makanya para guru dan karyawan hari ini memakai pakaian Minang semua,” jelas Kepala SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo Enik Chairul Umah, ditemui disela-sela gelar Makasa,(16/7/2018).

           Menurutnya, cerita tersebut banyak sekali mengandung kesan rajin membaca, gemar menghitung dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Sementara dalam pengenalan lingkungan sekolah yang dilaksanakan selama tiga hari, anak-anak masih didampingi orangtua. “Perlu diketahui para siswa di sini tidak diperbolehkan main gadget atau main hp, utamanya waktu jam pelajaran,” tegasnya.

     Ia jelaskan untuk hari pertama bersama kepala sekolah untuk mengenal SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo lebih dekat, juga program-program sekolah. Hari kedua paparan Al Islam dan kegiatan kurikuler, hari ketiga melihat tampilan seluruh siswa baru dipanggung ceria. Namun untuk hari ini, panggung Makasa juga diisi oleh siswa lama yang sudah sering berprestasi ditingkat kabupaten. “Tapi nanti panggung cerita, diisi oleh semua siswa yang baru,” jelas Enik Chairul Umah. as

Komentar